MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, July 13, 2017

Desa Giriharja Terus Membangun Berbagai Sarana Infrastruktur

Banner APBDes Giriharja tahun 2017
Ciamis, Swara Nasional Pos -  Desa Giriharja Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis merupakan Desa pemekaran dari Desa Dadiharja. SNP (Swara Nasional Pos) mengunjungi Desa Giriharja dan diterima langsung Kepala Desa Sirod di ruang kerjanya.

Sirod menerangkan bahwa beliau sudah menjabat Kepala Desa dua periode, Sirod pun menambahkan bahwa beliaupun sudah mengabdi sebagai aparat desa sebelum pemekaran, yaitu di Desa Induk nya Desa Dadiharja.

Pemekaran itu sekitar tahun 1983 dan waktu itu Sirod dipercaya sebagai Sekdes di Desa pemekaran Giriharja tersebut.

Atas dorongan warga, Sirod ikut mencalonkan untuk menjadi Kepala Desa Giriharja dan alhamdulillah saya terpilih sebagai Kepala Desa Giriharja sampai saat ini sudah dua periode.

Sirod, Kepala Desa Giriharja
Sirod pun mengatakan, "bahwa semua ini merupakan amanah juga kepercayaan masyarakat Desa Giriharja yang harus saya jalankan sesuai dengan apa yang di inginkan oleh seluruh warga masyarakat Desa Giriharja," ucapnya.

Sirod pun menambahkan, "bahwa dalam hal membangun desa, kami selalu mengadakan musyawarah dengan berbagai tokoh yang ada, baik itu tokoh agama, tokoh masyarakat juga tokoh pemuda. Karena membangun desa itu akan berjalan sesuai yang dengan apa yang diharapkan itu harus mendapat dukungan juga bantuan dari seluruh warga masyarakat yang ada. Karena tanpa adanya dukungan dari semua pihak mungkin semua program pembangunan yang akan dijalankan untuk kemajuan desa Giriharja tidak akan berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan," tegasnya.

Sirod pun mengatakan, "bahwa keterbukaan itu penting, makanya kami pihak Pemerintah Desa menempelkan banner anggaran APBDes di depan Kantor Desa agar warga masyarakat bisa melihat dan membaca langsung anggaran yang diterima dan dikeluarkan oleh Desa setiap tahunnya, baik itu anggaran dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan juga Pemerintah Kabupaten Ciamis dan dari pendapatan lainnya," ungkapnya.

"Kami pun sangat berterimakasih ke pihak Pemerintah, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan juga Pemerintah Kabupaten Ciamis, yang rutin memberikan bantuan setiap tahunnya, bantuan dari Provinsi tahun 2017 kami gunakan untuk rehab gedung Kantor Desa Giriharja ini dengan tujuan agar pelayanan terhadap masyarakat lebih maksimal dan masyarakat yang dilayani akan bisa lebih nyaman lagi berada di Kantor Desa," ujarnya.

Kantor Desa Giriharja, Ciamis
"Sedangkan anggaran dari Pemerintah Pusat berupa Dana Desa tahap I kami pergunakan untuk membangun infrastruktur jalan, berupa pengecoran jalan di Dusun Haruman Jaya sepanjang 400 M dan dari alokasi Dana Desa yang dari Pemerintah Kabupaten Ciamis tahap I pengecoran jalan di Dusun Cisepu sekitar 100 M," paparnya.

Masyarakat pun sangat antusias dalam membantu pelaksanaan proyek pembangunan berbagai infrastruktur yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa berupa swadaya, baik itu tenaga ataupun berupa makanan dan lainnya.

Sirod pun menambahkan, "sekitar Bulan Januari Desa Giriharja dikunjungi Bupati Ciamis dan kami pun diberi bantuan oleh Pak Bupati untuk pembangunan Menara Masjid Desa karena kebetulan Masjid Desa Giriharja sedang dibangun, "pungkasnya. *Jef/Tahyan

No comments:

Post a Comment