MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, March 31, 2017

Polres Way Kanan Lampung Tingkatkan Patroli Bermalam Dan Patroli Udara

Way Kanan, SNP - Polisi sebagai institusi terpercaya dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, terus melakukan perkembangan pola sehingga diharapkan mampu menanggulangi kejahatan dan gangguan kamtibmas lainnya.

Dengan cara patroli bermalam menjadi prioritas utama yang dilakukan Polres Way Kanan dalam menekan angka kriminalitas semakin turun, dimana kejahatan merupakan ancaman bagi masyarakat. Setiap hari selalu terdengar ada kejahatan dimana-mana baik berbentuk premanisme, judi, narkoba, crime street. sehingga sulit bila dikatakan akan melenyapkan kejahatan secara total, mencegah kejahatan adalah lebih baik daripada mendidik penjahat menjadi baik kembali. (30/3).

Menurut Kapolres Way Kanan, AKBP Yudi Chandra Erlianto S,Ik, M.H melalui Kasat Sabhara IPTU J.T.H Sitompul, S.I.P, M.H mengatakan  "patroli bermalam yang dilakukan merupakan progam unggulan  lanjutan Polres Way Kanan seperti  sebelumnya membentuk jaringan informasi kemitraan bersama masyarakat  yaitu Patroli Udara bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, mengembangkan jaringan komunikasi melalui HT (handy talkie), agar informasi tidak terhambat dan dapat di informasikan secara cepat  dalam merespon laporan tindak pidana yang ada di masyarakat. Dengan patroli udara ini diharapkan informasi yang masuk ke anggota polisi Polres Way Kanan dapat cepat sampai tanpa terhalang sinyal dan lebih murah," ucapnya.
 
Sementara itu, di jalanan unit patroli satuan sabhara melakukan patroli baik siang maupun malam hari sesuai rute atau tempat yang dianggap rawan kriminalitas yang akan dilalui pelaku, maka  melaksanakan patroli bermalam di luar serta berkordinasi dengan Muspika dan Kepala Desa  atau Kepala Kampung dengan menyambangi warga yang sedang melaksanakan ronda malam, memberikan himbauan Kamtibmas terkait pelaksanaan ronda malam agar lakukan patroli secara bergantian dengan membawa HT dan alat senter penerang pada malam hari.

Apa bila masyarakat di wilayah menemukan kejahatan, segera melaporkan ke Polsek terdekat atau operator polisi diudara melalui HT yang berada di tiap kampung telah dicanangkan Polres Way kanan.


"Pihaknya, menerangkan siap menindaklanjuti laporan masyarakat dalam memberantas pelaku C3 (Curat, Curas dan Curanmor) serta narkoba jika  ditemukan. Selama dalam kegiatan unit patroli bermalam, menetap di salah satu rumah warga selama beberapa hari dan berpindah tempat dinilai situasi telah kondusif akan menuju kampung selanjutnya dengan patroli bermalam di wilayah hukum Polres Way Kanan ⁠⁠ guna meningkatkan kehadiran polisi ditengah tengah masyarakat,” pungkas IPTU Sitompul. (Jefri/Syaripudin)

No comments:

Post a Comment