MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Monday, February 6, 2017

Anggota Koramil 1811/UBR Bersama Dinas Pertanian Dan Para Petani Mengadakan Kegiatan Pengendalian Hama Wereng Secara Serentak Di Kelurahan Cisurupan

Bandung, SNP - Hama wereng merupakan hama yang menyerang tanaman padi  yang  dampaknya sangat fatal, padi yang terserang hama wereng bisa mengalami kerusakan dan dapat menyebabkan gagal panen, dan penyebaran hama wereng ini juga terhitung sangatlah cepat, sehingga hal ini sangat meresahkan dan mengakibatkan kerugian yang besar  bagi para petani.

Sudah beberapa cara yang dilakukan oleh para petani setempat untuk mengatasi hal ini ,tetapi usahanya tidak mendapatkan hasil, karena penanganan hama wereng cukuplah susah untuk diatasi.

Pengendalian hama wereng ini dilakukan berawal dari pengecekan di sawah telah ditemukan terdapat hama wereng coklat di beberapa tempat,  guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Danramil 1811/UBR Mayor Inf. Usep Setiawan mengambil langkah dengan cara berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kota Bandung,  agar segera mengirimkan ahlinya dan obat-obatan yang dapat digunakan untuk menanggulangi permasalahan ini.

Pada hari Sabtu (4/02/16) Danramil 1811/UBR Mayor Inf. Usep Setiawan bersama  petugas dari Ketua Pok Tani Mulya Abadi Ibu Zumzum didampingi oleh Dinas Pertanian Kota Bandung Bpk Tisna dan petugas dari  Dinas Pertanian Provinsi Jabar Bpk Wagiman, mengumpulkan para petani agar bersama-sama mengantisipasi sawahnya agar tidak terserang hama wereng coklat ini, obat jenis insektisida bantuan dari Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat ini, dibagikan kepada para petani secara cuma-cuma  untuk disemprotkan di masing-masing sawahnya. Pelaksanaan penyemprotan harus dilaksanakan secara serentak, agar hama ini tidak berpindah untuk berkembang biak di sawah yang lain.

Petugas dari  Dinas Pertanian Provinsi Jabar Bpk Wagiman menyampaikan "Hama wereng coklat ini mempunyai kecepatan berkembang biak yang sangat cepat, langkah yang paling efektif yang harus dilakukan yaitu harus diadakan penyemprotan insektisida secara serentak dan menyeluruh di hamparan sawah yang ada diwilayah ini, agar hamanya mati dan tidak berkembang biak di sawah yang lainnya", ujarnya.

Dengan langkah yang dilakukan secara sinergis dilapangan baik oleh para petani,  petugas Dinas Pertanian dan juga pendamping TNI oleh Koramil 1811/UBR ini diharapkan hama wereng coklat ini dapat segera bisa teratasi, sehingga para petani dapat mendapatkan hasil panen padinya sesuai dengan yang diharapkan. (Jefri/Gunawan Tim Kreatif)

No comments:

Post a Comment