MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, February 21, 2017

Heboh !!! TNI Menemukan Desa Tersembunyi Daerah Yang Belum Ada Dalam Peta

Add caption
Papua, SNP.
Dalam sebuah kampung yang bernama Digi di Kapubaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua ini kurang lebih ada sekitar enam Kepala Keluarga atau kurang lebih dari 30 jiwa yang mendiaminya. Kehidupan mereka masih tetap begitu sangat tradisional dan kampung awal ini ada sekitaran 50 km dari Distrik Iwur. Jarak antara rumah berjauhan, rata-ratanya 10 mtr sampai 20 mtr. Serta rumahnya ada rumah panggung dan ada juga gubuk. Makanan pokok mereka sagu serta ubi.

Warga yang kini menempati kampung Digi ini mengakui sudah 30 th tinggal disana dan di pimpin kepala suku yang bernama Terry Digibin. Permulaannya sekitar ada 100 jiwa tetapi sebagian sudah menyebrang ke Papua Nugini.

Kampung ini baru diketahui masuk ke wilayah Indonesia setelah diketahui oleh prajurit Batalyon Infantri Raider/700 Kodam VII/Wirabuana waktu mengerjakan patroli patok batas yang ada di sekitaran Pegunungan Bintang.

"Saat itu yang di pimpin oleh seorang Lettu Kurdi peroleh satu kampung terisolir yang namanya tidak ada sama sekali dalam peta, tetapi masuk tempat Indonesia yaitu ada pada titik koordinat 9732-2580," jelas Letkol Infanteri Horas Sitinjak, seperti dikutip dari UN.

Kepala suku dari kampung Digi ini menyampaikan bahwa mereka sekian memerlukan infrestruktur bangunan jalan yang dapat menghubungkan mereka dengan sebagian orang lain. Tetapi, sampai sekarang ini mereka tidak memhami ingin mengadu ke siapa lantaran mereka tidak mengerti dengan status mereka yang apakah warga Indonesia atau warga PNG. (Jefri/UN)

No comments:

Post a Comment