MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Sunday, February 12, 2017

Bantuan Provinsi SMP Swasta Di Duga Tidak Sesuai Spesifikasi


SMP Bina Bangsa

Subang, SNP.
              Beberapa sekolah SMP Swasta yang ada di Kabupaten Subang mendapat bantuan dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat. Namun sangat di sayangkan di beberapa sekolah, bantuan tersebut di duga banyak kejanggalan karena tidak sesuai dengan spesifikasi.

              Di karenakan dari beberapa sekolah yang menerima bantuan tidak memenuhi spesifikasi diantaranya harus menyiapakan lahan, jumlah siswa karena di duga setiap sekolah penerima bantuan fiktif dalam pengajuan permohonan.

               Dari hasil investigasi dan keterangan warga setempat, bahwa jumlah tidak lebih dari 80 siswa sementara sekolah tersebut mempunyai  ruang kelas yang tidak digunakan, karena siswanya tidak ada. Seperti halnya SMP Swasta Bina Bangsa yang beralamat di kampung Karikil Desa Kasomalang Kulon, Kecamatan Kasomalang tidak layak menerima bantuan, di duga bahwa ada manipulasi data dan menurut informasi yang diterima bahwa adanya setoran sebesar 20%(persen) ke coordinator.

               Kepala Sekolah SMP Swasta Bina Bangsa saat di konfirmasi terkesan menghindar dan saat di hubungi melalui telepon selulernya tidak di jawab.

               Yaya Sudarya Ketua Forum Lembaga Advokasi Pendidikan Kab. Subang saat di mintai tanggapannya mengatakan, “setiap sekolah SMP Negeri dan SMP Swasta yang menerima bantuan seharusnya ada verifikasi terlebih dahulu baik oleh Dinas Kabupaten maupun Dinas Provinsi, karena setiap sekolah ada persyaratan yang harus di tempuh seperti menyiapkan lahan dan jumlah siswa”, tegasnya.

               “Serta pengawasan pelaksanaan pembangunan harus benar–benar,  karena ini bantuan Pemerintah yang harus di manfaatkan dengan sebena-benarnya. Seandainya ada sekolah yang di luar aturan tersebut sudah jelas mengakibatkan kerugian Negara” pungkasnya. (Jefri/Sun/Us)

No comments:

Post a Comment