MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, April 19, 2017

IPAL Komunal Demi Lingkungan Berkelanjutan


Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Ciburuy Kecamatan Cigombong dan IPAL Komunal di Desa Ilir Kecamatan Cibungbulang tahun 2016

Cibinong, swaranasionalpos.com - Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) merupakan sebuah program dari Kementerian PUPERA untuk mengatasi problem sanitasi air limbah bagi masyarakat yang tidak mempunyai akses sanitasi yang layak.

Salah satu tujuan program Sanimas yaitu memenuhi target akses universal 100-0-100 pada Tahun 2019, dimana salah satunya yaitu 100% masyarakat mempunyai akses sanitasi yang layak.  Melalui program Sanimas ini masyarakat memilih sendiri sarana dan prasarana air limbah permukiman dengan membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang aktif menyusun perencanaan, pelaksanaan, serta operasi dan pemeliharaannya, dan bilamana memungkinkan untuk dikembangkan.


Lokasi Sanimas harus memenuhi persyaratan kriteria yaitu berupa ketersediaan lahan, partisipasi aktif masyarakat, dan kepadatan penduduk minimal 200 jiwa/Ha. Program Sanimas menggunakan teknologi berupa IPAL Komunal.

Ada dua jenis IPAL Komunal yang bisa digunakan yaitu :
  1. IPAL Pabrikasi dan
  2. IPAL Konvensional.

Opsi pemilihan jenis IPAL Komunal bergantung pada musyawarah warga. IPAL Komunal mempunyai kapasitas minimal 50 KK terdiri dari Bak Inlet, Bak Pengendap (Settler), Anaerobic Baffle Reactor (ABR), Anaerobic Filter (AF), dan Bak Outle.


Media filter yang bisa digunakan berupa batu volcano, bioball, atau botol air mineral. IPAL Komunal pada Program Sanimas harus memenuhi spesifikasi dinding IPAL berupa cor beton, tidak boleh pasangan batu bata.

Pada jaringan perpipaan harus menggunakan pipa SNI khusus air limbah (warna oranye), tidak boleh menggunakan pipa AW pada instalasi IPAL Komunal. *JA/HR/NAY

No comments:

Post a Comment