MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Sunday, April 16, 2017

Curug Gogog Dan Leuwi Cilangla, Sejuta Potensi Wisata Alam Di Tasikmalaya


Sungai Cilangla Tasikmalaya

Kabupaten Tasikmalaya, SNP - Tempat wisata Curug Gogog dan Leuwi Cilangla cenderung masih perawan. Keindahan panorama alamnya begitu alami. Tak banyak orang mengetahuinya akan keberadaannya. Karena tempat tersebut merupakan wisata alam yang tersembunyi.

Rasa segar sekali akan nampak ketika melihat air yang bening dan kehijauan itu. Apalagi juga ditambah pula dengan sejuta pemandangan lembah yang hijau. Terlihat menghiasi bagian timur dari tempat ini. Sehingga akan memanjakan pandangan mata semakin betah.

Menurut Wawan salah satu pengunjung mengatakan, tempat ini merupakan aliran sungai yang mengalir dari daerah Pamijahan ke dua tempat tersebut. Sungai yang bermuara ke Pantai Cikawung Gading itu ukurannya sangat lebar dan termasuk sungai besar. Jika saat musim hujan debit air akan sangat deras.

Sungai itu memiliki Curug (air terjun) yang di kenal Curug Gogog setinggi 1 meteran dan sebuah Leuwi (bagian sungai yang membentuk kolam) yang bernama Leuwi Cilangla. Kedua tempat itu hanya bisa di nikmati ketika musim kemarau ataupun ketika debit airnya kecil.

Sepanjang sungai ini terhampar banyak sekali batuan karang yang lumayan luas. Sehinga bila ingin berenang di sini di harap berhati-hati, karena selain arusnya yang lumayan deras. Serta juga sungai ini juga memiliki ukuran kedalamannya yang lumayan.

Guna untuk ke lokasi tersebut akses masuk jalan dari pangkalan ojeg Daerah Sindangreret. Kemudian belok kiri melalui jalanan hotmix sekitar 7 km sampai melewati Desa Cikupa, Desa Ciawi dan sampai akhir belok kanan menuju Desa Sarimukti. 

“Di sepanjang perjalanan menuju lokasi akan di suguhi pemandangan yang sangat indah, yakni pemandangan lembah. Serta padang ilalang, juga bukit-bukit kecil yang unik memanjakan mata. Curug Gogog dan Leuwi Cilangla itu berada di kampung Kiaralawang Desa Sarimukti Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya,” pungkasnya, Sabtu(15/4). (Jefri/Ariska/D.Saepudin)

No comments:

Post a Comment