MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, November 11, 2016

Belum Ada IPAL, PT.Novatex Layak Ditindak Tegas



Bandung, Swaranasionalpos.com - Perusahaan PT.Novatex  yang berada di kecamatan Solokan Jeruk kabupaten Bandung Prov. Jawa Barat bebas beroperasi walaupun tidak memiliki IPAL (Instalasa Pengolahan Air Limbah).

Setiap perusahaan yang menghasilkan limbah B3  yang berdampak pada lingkungan seharusnya memiliki IPAL  apalagi PT.Novatex adalah perusahaan yang cukup besar dan menurut sumber sudah memiliki tiga cabang di Jawa Barat.

Ketika hal ini dikonfirmasi  ke pihak PT.Novatex  yang diwakili Sri, salah seorang staf di perusahaan tersebut belum lama ini mengatakan, “Kami tidak mempunyai pipa pembuangan Limbah B3, fly ash yang terbawa oleh air yang disemprotkan oleh wet scrubber diendapkan pada bak sedimentasi dan menghasilkan bottom ash  yang selanjutnya dikumpulkan dan disimpan pada TPS limbah B3 untuk kemudian diambil oleh pihak ketiga yang telah mendapat rekomendasi dari KLH," katanya

Limbah air dari Wjl (water jet loom), kata dia, sirkulasi untuk dipakai kembali kegiatan produksi.

Namun ketika ditanya apakah PT. Novatex sudah memiliki IPAL, pihak perusahaan tidak memberi jawaban.

Dari data yang diperoleh dari BPLH kabupaten Bandung bahwa PT. Novatex jelas belum memiliki IPAL sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan bahwa setiap perusahaan yang menghasilkan Limbah B3  harus memilik IPAL.

Belum adanya IPAL PT. Novatex, pihak terkait layak menindak tegas perusahaan tersebut. (ERS)

No comments:

Post a Comment