MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, April 19, 2017

Sampah dan Peran Serta Masyarakat



Kab. Bogor, swaranasionalpos.com - Sampah telah menjadi momok atau permasalahan yang selalu muncul di kehidupan sehari-hari, terlebih dilingkungan pada penduduk. Seluruh kegiatan manusia pasti akan menimbulkan sampah, baik itu dalam jumlah besar maupun sedikit. Selain dari kebiasaan masyarakat yang seringkali membuang sampah sembarangan, ada pula permasalahan yang tidak dapat dihindari: “Terbatasnya lahan tempat pembuangan akhir sampah”. Ujar Atis TB kepada SNP.
Tumpukan sampah yang belum dikelola
Mungkin kita tidak tahu bahkan tidak mau tahu seberapa banyak sampah yang kita hasilkan setiap hari. Pernahkan kita berpikir akan kemanakah sampah yang telah dibuang? Apakah akan berakhir di sungai, jalan, atau di TPA?.
Jika sampah tersebut berasal dari satu individu saja, mungkin akan sedikit. Lantas, bagaimana kalau sampah itu berasal dari individu-individu lainnya, misal masyarakat satu kota, satu negara atau bahkan satu dunia ini? Pasti jumlahnya tidak terkira.
Kegiatan pengomposan sampah
Permukaan bumi tidak akan bertambah luas. Pertambahan penduduk yang pesat juga akan meningkatkan keterbatasan lahan. Hal ini berdampak pada keterbatasan lahan untuk sarana TPA.
Sementara itu sampah yang dihasilkan semakin banyak seiring dengan bertambahnya penduduk. Menyalahkan pembuat kebijakan, dalam hal ini pemerintah, juga kurang tepat. Solusi yang dapat diterapkan saat ini adalah melibatkan peran masyarakat sebagai penghasil sampah, untuk mengelola dan mengolah sampahnya sendiri.
Peran serta masyarakat dalam memanfaatkan sampah
Di Indonesia sendiri, peraturan tentang hal tersebut sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012, bahwa masyarakat penghasil sampah wajib untuk mengurangi jumlah sampah dan mengolah sampahnya sendiri. Oleh karena itu, pemerintah bersama dengan masyarakat berperan aktif dalam mengelola dan mengolah sampah. Hal-hal yang dapat masyarakat lakukan adalah dengan cara mengurangi sampah yang dihasilkan, melakukan pengomposan, daur ulang, dan lain-lain.
Diharapkan dengan cara ini dapat mengurangi sampah yang ditimbulkan dan permasalahan keterbatasan lahan TPA dapat teratasi. *JA/HR/NAY

No comments:

Post a Comment