MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, April 19, 2017

Wisata Unik Rumah Batu, Bukit Di Sulap Jadi Rumah Di Tasikmalaya


Rumah Batu Tasikmalaya

Kabupaten Tasikmalaya, SNP- Inilah tempat unik yang bisa membuat para sejumlah wisatawan terpesona. Bangunan yang asalnya bukit batu itu di sulap oleh tangan para pemahat menjadi layaknya sebuah rumah tinggal dengan ornamennya.

Kini tempat tersebut menjadi sebuah wisata yang di buru oleh para pengunjung dari berbagai daerah. Berdatangan ke Gunung Cantigi Blok Pasingpongpok Dusun Sukawangi Desa Cibatu Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya.

Menurut Ade, rumah batu itu di rancang oleh seorang lelaki mantan tukang kayu yang bangkrut beserta seorang lelaki yang sangat lugu Aji Najidin. Mereka terinspirasi untuk membuat sesuatu yang aneh dan meyakinkan.

Awalnya tempat itu adalah hamparan sebuah bukit batu yang merupakan kaki gunung Cantigi. Tetapi berkat kreativitasnya tersebut kemudian berubah menjadi sebuah bangunan rumah yang unik. 

Di atas lahan yang memang miliknya seluas 750 meter persegi. Bangunan itu berhasil dikerjakan bersama 25 orang pada 1996 dengan penuh kesabaran dan keuletan selama 3 tahun. Sehingga berhasil membangunnya.

Dengan ukuran rumah 6 x 25 meter yang terdiri dari 2 kamar tidur, dapur, ruang tamu, terowongan dan WC, nampak layaknya sebuah rumah tinggal. Apalagi  terdapat pula warung tempat berjualan makanan dan minuman.

Bangunan tersebut berhasil di kerjakan selama 3 tahun, dengan menghabiskan dana sekitar Rp 30 juta rupiah. Sedangkan alat yang di gunakan berupa 4 buah belincong, 250 buah pahat, 5 buah martil dan 2 buah linggis.

“Tempat itu murni bermodalkan pribadi tidak ada campur tangan, baik dari pemerintah daerah maupun investor. Sehingga tidak heran jika akan masuk tanpa dipungut biaya apapun. Hanya tersedia kotak amal yang mana dananya akan disumbangkan untuk keperluan DKM Cintasari Pasirpongpok,” tuturnya.

Kata Ade, meski kini kondisinya sangat memprihatinkan, namun setiap harinya ada para wisatawan yang datang. Mereka penasaran dengan kondisi rumah tersebut. Serta banyak juga yang berselfie.

Bila yang ingin mengunjungi tempat tersebut. Bisa mengambil rute dari Kota Tasikmalaya menuju arah selatan ke Karangnunggal. Kemudian belok ke kiri ke Cikukulu. Selanjutnya masuk ke Kampung Pasirpongpok Desa Cibatu. (Jefri/Ariska/D.Saepudin)

No comments:

Post a Comment