MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, April 6, 2017

Curug Sawer Pesona Wisata Alam Tersembunyi Di Kabupaten Tasikmalaya


Curug Sawer Kabupaten Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya, SNP - Curug Sawer yang terletak di Kampung Cibeureum Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya. Kini telah menjadi buruan sejumlah wisatawan.
Pasalnya para wisatawan banyak yang penasaran dengan Curug tersebut. Apalagi setelah ramai menjadi viral di media sosial selama ini. Sehingga tak heran keindahan alamnya jadi sorotan.
Lokasi itu bisa di tempuh kurang lebih 30 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya dengan jarak tempuh kurang lebih satu jam. Namun guna mencapai tempat tersebut penuh tantangan harus dibutuhkan kondisi fisik yang prima.
Pasalnya medan yang dilalui pun terbilang sangat terjal. Dari lokasi jalan raya Desa Mandalamekar yang kondisinya masih rusak parah, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1 km dengan jalan kaki.
Melewati pematang sawah, menyebrangi anak sungai dan turunan tebing yang sangat terjal. Di butuhkan waktu tempuh kurang lebih 30 menit untuk mencapai titik lokasi air terjun tersebut.
Tapi setelah pengunjung sudah tiba di lokasi. Rasa lelah akibat perjalanan seketika akan hilang. Karena Curug Sawer menawarkan pemandangan yang sangat luar biasa memanjakan mata.
Dengan kondisi alam yang masih alami dengan tumpukan batuan berukuran raksasa. Serta sejumlah pepohonan rindang juga bisa menjadi pilihan untuk melepas kepenatan, juga memberikan aroma udara segar.
Curug (air terjun) dengan ketinggian kurang lebih 50 meter dan lebar 10 meter itu. Memang memiliki pesona yang memikat hati. Bentuk aliran air yang menyerupai tirai menjadi pemandangan yang amazing.
Bagi yang suka memacu adrenalin, bisa mencoba melompat dari batuan setinggi kurang lebih tiga meter yang berada di sisi kolam di bawah air terjun. Pengunjung juga bisa berenang di kolam berdiameter kurang lebih 10 meter itu.
Namun jika tak berani, pengunjung bisa duduk-duduk manis menikmati kesejukan alam di pinggiran Sungai Cibaregbeg di sekitaran air terjun, atau memasang hamock di tepian sungai sambil berselfie ria.
Salah seorang pengunjung asal Kota Tasikmalaya, Ivan Hendro mengaku cukup takjub dengan pesona keindahan Curug Sawer. Tapi sayangnya, akses jalan menuju lokasi curug masih sulit untuk diakses.
“Curug sawer ini menyimpan potensi alam yang bisa di jual sebagai destinasi wisata. Tapi sayangnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya kurang memberikan perhatian. Termasuk untuk mempromosikan dan mengelola fasilitasnya untuk di garap secara optimal,” tuturnya, Kamis (30/3).
Kata Ivan, padahal seharusnya Pemkab Tasikmalaya bisa mengoptimalkan potensi wisata Curug Sawer tersebut. Karena efek dominonya bisa mendongkrak ekonomi masyarakat di Desa Mandalamekar. Serta juga bisa memberikan kontribusi bagi PAD. (Jef/Ariska/D.Saepudin)

No comments:

Post a Comment