MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, April 19, 2017

DPUPR Mengadakan Agenda Kunjungan Edukasi Program PAMSIMAS 2017




Cibinong, swaranasionalpos.com Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) pada tanggal 08 s/d 11 Maret 2017, mengadakan kegiatan Kunjungan Edukasi Program PAMSIMAS III 2017 Ke Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah. Adapun maksud dari agenda kunjungan tersebut adalah untuk belajar ke daerah yang telah berpengalaman dalam melaksanakan kegiatan Program PAMSIMAS. Maksud dari Program PAMSIMAS adalah Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, dimana Daerah/Desa yang masih rawan air bersih diberikan Bantuan pembangunan sarana air minum.
Secara umum, Program PAMSIMAS III ditujukan untuk meningkatkan akses pelayanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesa/kelurahan dan kaum Urban,  meningkatkan nilai dan perilaku hidup sehat dengan membangun/menyediakan prasarana dan sarana air minum serta sanitasi berbasis masyarakat yang berkelanjutan serta mampu diadaptasi oleh masyarakat. Program ini akan menjadi model untuk direplikasi, diperluas (scaling up) dan pengarusutamaan (mainstreaming) model di daerah lain, dalam upaya  mencapai target target SDGs (Suistainable Development Goals) yaitu sebuah program pembangunan berkelanjutan dimana didalamnya terdapat 17 tujuan dengan 169 target yang terukur dengan tenggat waktu yang ditentukan.
Dalam acara Pembukaan dan Pelepasan Kunjungan Edukasi PAMSIMAS III 2017 Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Bogor Ir. Yani Hassan menekankan, Tujuan Khusus dari program PAMSIMAS adalah:
a.     Meningkatkan perilaku higienis di masyarakat;
b.     Meningkatkan akses masyarakat terhadap sarana air minum dan sanitasi yang berkelanjutan;
c.     Meningkatkan kapasitas lokal (baik pemerintah daerah maupun masyarakat) untuk memfokuskan dan  menyebarluaskan pelaksanaan program air minum dan sanitasi yang berbasis masyarakat;
d.    Meningkatkan efektifitas dan keberlanjutan jangka panjang pembangunan infrastruktur air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

Adapun agenda kerja Kunjungan Edukasi ini di ikuti oleh perwakilan dari 15 Desa yang akan menerima Bantuan program PAMSIMAS III Tahun 2017 dan Pengelola PAMSIMAS (DPMU dan PAKEM) , dalam agenda kunjungan edukasi ini, tim PAMSIMAS Kabupaten Bogor mengunjungi BAPELITBANGDA (Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah) Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah.
Dalam agenda ini tim PAMSIMAS Kabupaten Purbalingga memaparkan tentang kegiatan PAMSIMAS secara lengkap. Dilanjutkan dengan kunjungan kerja Kedesa PAMSIMAS Kabupaten Purbalingga, yang pertama di kunjungi adalah Desa Bojong Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga dimana desa tersebut mendapat bantuan Program PAMSIMAS tahun 2009 dan menjadi Desa terbaik Dalam Pengelolaan dengan Sistem Mata Air. Kemudian kunjungan ke Desa Bandingan Kecamatan Kejobong kabupaten Purbalingga dimana Desa tersebut mendapat Bantuan Program PAMSIMAS dan menjadi desa terbaik dalam pengelolaan dengan sistem sumur bor.  *JA/HR/NAY

No comments:

Post a Comment