MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Sunday, April 16, 2017

Gunung Batu Tasikmalaya, Sensasi Panorama Alam Di Atas Awan Menakjubkan


Panorama keindahan alam di Gunung Batu

Kabupaten Tasikmalaya, SNP - Panorama alam yang sangat menakjubkan di atas awan bisa di temukan di Gunung Batu yang terletak di Kampung Sangkur Desa Cigunung Kecamatan Parung Ponteng Kabupaten Tasikmalaya.

Pengunjung dari tempat tersebut bisa menyaksikan hamparan lautan awan putih. Seakan sedang di atas awan sesunguhnya. Sehingga bisa menikmati sensasi ketika kabut pagi datang bersama hadirnya sunrise.

Gunung Batu memiliki keistimewaan, yakni mempunyai pemandangan yang sangat indah berupa pemandangan lembah yang di bawahnya merupakan perkampungan dan beberapa bukit yang unik menjulang tinggi.

Pemandangan sunrise yang mengintip dari balik pepohonan hutan dan bukit akan memberikan sensasi pagi yang sangat berbeda dan romantis. Sinaran pagi di antara kabut tipis menyeruak ke langit menambah keindahan alam.

Menurut Gunawan, tempat tersebut dulunya bekas tambang marmer yang tidak terlalu luas. Belahan batu marmer itu membentuk sebuah persegi yang lumayan panjang. Serta  terdapat potongan-potongan marmer berukuran 1x2 meter.

Tergeletak di bawah dan di area bukit ini juga terdapat beberapa batuan kalsit yang menjulang runcing berukuran tinggi sekitar 2 meter. Jenis batuan ini di titik lahan sebelum masuk ke area itu yang mirip Stone Garden Citatah Bandung. 

 “Tentunya bagi para wisatawan tidak boleh melewatkan fenomena unik tersebut. Karena itu suguhan alam yang di sajikan begitu istimewa di Gunung Batu tesebut,” tuturnya, Jumat (14/4).

Kata Gunawan, namun sayangnya kondisi sekarang ini di biarkan tidak terurus, serta tidak ada yang merawatnya, baik oleh Pemkab Tasikmalaya ataupun oleh warga sekitarnya.

Bahkan tempat ini nampak banyaknya sampah sampah plastik lainnya yang sangat mengganggu. Di beberapa dinding bukit ini juga sudah terdapat banyak perbuatan vandalisme berupa coretan-coretan grafity yang sangat mengganggu keindahan.

Untuk menuju ke lokasi ini dari Kota Tasikmalaya dapat di tempuh dengan waktu sekitar 1 jam ke arah selatan menuju daerah Cibalong dengan patokannya pertigaan menuju Parung Ponteng.

Setelah itu belok ke kanan ke arah Parung Ponteng menuju daerah Dangdeur setelah itu kita akan menemukan pertigaan lagi di daerah Dangdeur. Kemudian ambil arah kanan menuju Desa Cigunung.

Dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 7 km sampai ke lokasi Gunung Batu dengan kondisi jalan cenderung ke kiri. Serta menanjak dan kalaupun masih kebingungan kita bisa bertanya kepada warga sekitar. (Jefri/Ariska/D.Saepudin)

No comments:

Post a Comment