MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, May 17, 2017

Daftar JKN-KIS, Kini Lebih Mudah dan Cepat




Sosialisasi BPJS Kabupaten Bogor (15/5/2017) (foto:Nay)
Cibinong, Swara Nasional Pos.
Badan Pelayanan Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Cibinong, kini mengembangkan strategi memudahkan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu atau ingin kemudahan dalam mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai peserta JKN-KIS. 

Khusus untuk pendaftaran calon peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/peserta mandiri dan peserta kategori Bukan Pekerja (BP), BPJS Kesehatan memperluas kanal-kanal pendaftaran yang telah ada, salah satunya melalui mekanisme pendaftaran melalui telepon atau lewat BPJS Care Center 1500.400.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kantor Cabang Cibinong, dr. Parasamya Dewi Cipta, mengatakan  “salah satunya bentuk pendaftaran peserta PBPU atau peserta mandiri dan Bukan Pekerja (BP) lewat Care Center, selain itu juga dapat melakukan perbaikan atau perubahan data kepesertaan untuk nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor KK, NIK, alamat, nomor telepon, kelas rawat dan fasilitas tingkat pertama. Namun ini masih untuk peserta PBPU atau peserta mandiri . upaya ini dilakukan dalam rangka pelayanan dan kepuasan kepada peserta yang menjadi salah satu Fokus Utama BPJS Keshatan tahun 2017. BPJS Kesehatan akan terus mengembangkan berbagai terobosan dan inovasi serta meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan”, ujar dr. Parasamya Dewi Cipta. Senin (15/5/2017).

Lebih lanjut dijelaskan Parasamya Dewi Cipta, hal-hal yang perlu di persiapkan calon peserta sebelum mendaftar via telepon Care Center 1500.400, antara lain nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan (NIK) Nomor Rekening Tabungan (BRI/BNI/Mandiri) nomor handpone, alamat domisili/tempat tinggal (untuk pengiriman kartu) dan alamat email. Setelah syarat-syarat diatas  siap calon peserta bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500.400. dan akan dilayani oleh Agent Care Center, rekaman pembicaraan antara calon peserta dengan Agent akan menjadi bukti pendaftaran.

Ditambahkan , setelah Agent menyatakan pendaftaran via telepon selesai, Nomor Virtual Account (VA) akan dikirim ke nomor ponsel atau email. Setelah mendapatkan nomor VA, peserta diwajibkan untuk menbayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lambat 30 hari setelah VA diterbitkan. Peserta uyang mendaptar lewat Care Center wajib melakukan pembayaran pertama ke Bank dan dengan mekanisme autodebet untuk pembayaran selanjutnya. Setelah pembayaran pertama kartu peserta telah aktif, BPJS Kesehatan akan mengirim kartu peserta JKN-KIS ke alamat yang diberikan saat mendaptar. Ujarnya

Lanjut Parasamya, BPJS Kesehatan Care Center 1500.400, juga disediakan layanan tanya dokter melalui metode teleconsulting dimana peserta JKN-KIS dapat melakukan konsultasi kesehatan kepada dokter umum dan mereka siap memberikan informasi kesehatan yang dibutuhkan.

Dalam kesempatan yang sama Parasamya Dewi Cipta mengungkapkan bahwa tahun 2016, kepuasan peserta sudah cukup tinggi di angka 78,6% dan tahun ini BPJS Kesehatan menargetkan di angka 80%. Oleh karena itu BPJS Kesehatan  berbagai inovasi dan terobosan dilakukan untuk dapat memenuhi target tersebut. Selain pendaptaran melalui care center 1500.400, BPJS Kesehatan juga mengembangkan pendaftaran melalui sistim Dropbox di kantor cabang BPJS, serta pendaftaran melalui PPOB/mitra kerja BPJS Kesehatan.

Saat ini BPJS membuka kerjasama dengan mitra kerja seperti membuka Point of Service di pusat-pusat perbelanjaan atau mall, saat ini telah bekerjasama dengan PT Lippo Karawaci dan tidak tertutup kemungkinan dengan instasi lainya.

Untuk meningkatkan dan memberikan kemudahan pendaftaran bagi Badan Usaha/perusahaan, BPJS juga telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan melalui Portal Pendaftaran Bersama Program Jaminan Sosial Nasional di www.bpjs,go,id. Pungkasnya *Jef/NAY

No comments:

Post a Comment