MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, May 26, 2017

VALKOMMENN ILL BANDUNG , SVERIGES KUNG CARL XVI GUSTAF

Bandung, Swara Nasional Pos - Selamat Datang di Bandung Yang Mulia Sri Baginda Raja Carl XVI Gustaf dan Yang Mulia Ratu Silvia ucapan dari masyarakat Kota Bandung ketika Raja Carl XVI dan Ratu Silvia berkunjung ke Bandung dalam rangkaian kunjungan kenegaraan di hari ke tiga di Indonesia, Rabu (24/5).

Kunjungan kenegaraan pertama oleh Swedia ini mencakup tiga kota di Indonesia diantaranya Jakarta, Bogor, dan Bandung tanggal 22-24 Mei 2017. Kunjungan oleh Raja dan Ratu Swedia ini diharapkan dapat memperkaya dan mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Swedia. Pemerintah Swedia akan diwakili oleh Menteri Infrastruktur Anna Johansson. Delegasi bisnis yang terdiri dari 31 perusahaan dengan omset tahunan 330 Milyard USD, turut serta dalam kunjungan kenegaraan Yang Mulia Sri Baginda Raja Carl XVI Gustaf dan Yang Mulia Ratu Silvia di Indonesia.

Duta Besar Swedia untuk Indonesia Johanna Brismar Skoog mengatakan, " Swedia dan Indonesia memiliki hubungan yang dekat dan baik. Kunjungan Kenegaraan yang pertama kali ini merupakan bukti akan hubungan ini dan juga batu loncatan bagi kedua negara, demi meningkatnya kerjasama yang lebih dalam."

Raja dan Ratu diterima Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo di Istana Negara, dan sebagai bagian dari upacara penyambutan, mereka berjalan melewati replika patung The Hand of God yang dibuat oleh pemahat Swedia Carl Milles, sebuah hadiah kepada pemerintah Indonesia dari pemerintah Swedia pada tahun 1957.

Kunjungan Raja dan Ratu di hari kedua mengikuti berbagai program yang disusun berdasarkan model Triple Helux dari Swedia (Kerjasama antara Pemerintah, Otoritas, Universitas dan Industri) dalam hal promosi penelitian dan inovasi. Yang Mulia Raja berpartisipasi dalam acara Hackhaton, untuk menemukan solusi konkret yang dapat membantu memperbaiki situasi lalu lintas di Jakarta.

Tidak lupa siswa dari beberapa Universitas bekerjasama dengan Ericsson, Raja Swedia hadir saat peresmian Forum Bisnis Eksekutif Indonesia-Swedia (ISSEF), yang berfokus pada digitalisasi, infrastruktur dan kualitas hidup yang dilanjutkan dengan kunjungan ke pusat lalu lintas kapal di Indonesia Port Cooperation (IPC) di Tanjung Priok.

Siang harinya Raja dan Ratu diundang makan siang oleh PLT.Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat di Kota Tua. Di lapangan Fatahillah, Raja dan Ratu juga akan bertemu dengan Volvo Club dan diperkenalkan pada seni batik dan wayang.

Sejalan dengan program Raja, Ratu akan mengikuti Seminar tentang model dan kreativitas, hasil kolaborasi dengan Femina Group dan Jakarta Creative Hub. Fokus diskusi ini adalah meningkatnya kerjasama di bidang mode, inovasi, sustainabilitas dan kewirausahaan. Siang harinya Ratu melakukan kunjungan lapangan ke Perpustakaan Masyarakat di Manggarai, kolaborasi dengan UNICEF, untuk menggarisbawahi pentingnya mendukung anak anak dan memastikan hak anak anak dihormati. Kunjungan Ratu ini dilanjutkan dengan roundtable discussion dengan Menteri Yohanna Yembie tentang " Mengakhiri Kekerasan Terhadap Anak-anak," sebagai bagian dari kemitraan global Agenda 2030

Kunjungan Raja dan Ratu Swedia di hari ketiga dilaksanakan di kota Bandung berangkat menggunakan Kereta Api.
Kedatangan Raja dan Ratu Swedia di sambut langsung Walikota Bandung Ridwan Kamil, dengan Agenda nya memasuki Pendopo Kota Bandung dengan menemui dan berfoto langsung dengan Viking Persib Bandung. Setelah dari Pendopo Kota Bandung, Raja dan Ratu Swedia di dampingi Walikota Bandung dan istri berjalan ke Museum Asia Afrika melewati Taman Masjid Raya Bandung. Raja dan Ratu Swedia juga akan bertemu dengan Perkumpulan Pelajar Indonesia "Alumni Swedia" di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), dimana Swedish Institude dan LPDP akan menandatangani sebuah MoU dan meluncurkan Portal Linkedln Sweden-Indonesia Connect, untuk menghubungkan alumni dengan perusahaan Swedia  di Indonesia.

Untuk menutup kunjungan Kenegaraan, Yang Mulia Sri Baginda Raja Carl XVI Gustaf dan Yang Mulia Ratu Silvia akan mengikuti sesi  akhir dari Seminar mengenai model Triple Helix di ITB yang diselenggarakan bersama dengan Lund University dan dihadiri oleh Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro. Tujuan Seminar tersebut untuk mendorong kolaborasi antara perusahaan, universitas dan pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi penelitian, inovasi dan kewirausahaan sebuah model yang terbukti sangat berhasil bagi bisnis dan taman sains di Swedia.  *Jefri/Purwadhi/Arbim/Gun

No comments:

Post a Comment