MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, May 3, 2017

Silaturahmi Kebhinekaan Tingkat Kab. Way Kanan, "Cinta Lampung Untuk Indonesia"

Lampung, Swara Nasional Pos - Polres Way Kanan bersama Pemerintah Kabupaten Way Kanan menyelenggarakan silaturahmi Kebhinekaan, dengan dihadiri Kapolres Way Kanan, Bupati Way Kanan, Dandim 0427/WK, unsur Forkompinda , Ketua MUI Way Kanan, Ketua Muhammadiyah, Ketua NU, Ketua LDII Way Kanan, Ketua GP Ansor, Ketua KNPI, Ketua PWI, Ketua Pokjawan, Badan Koordinasi Pondok Pesantren (BKPP), beberapa perwakilan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, organisasi wanita, Paskibraka, LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia), suku, etnis, dan kelompok, se-Kabupaten Way Kanan.

Dalam acara tersebut dihadiri 405 peserta undangan, yang dilaksanakan di Lapangan Apel Polres Way Kanan. Selasa, (02/05/2017) sekira pukul 15.30 WIB. 

Pertemuan silaturahmi tersebut beberapa perwakilan dari pemuda dan tokoh masyarakat diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dipandu dengan dirigen. Selanjutnya Bupati Way Kanan mengucapkan Pancasila diikuti para peserta yang hadir dan menyatakan 11 pernyataan masing - masing perwakilan yang ditunjuk setiap kelompok secara berurutan.

Pada kesempatan pertama pernyataan dibacakan dari Ulama Muhammadiyah, "bahwa Islam itu rahmatan lil’ alamin, Islam harus memberi ketenangan dan kedamaian bagi Bangsa Indonesia".

Berikutnya pernyataan ulama NU (Nahdatul Ulama), "menolak semua faham atau ideologi apapun yang hendak menggantikan Ideologi Pancasila, NKRI harga mati".

Selanjutnya pernyataan Pendeta dan Pastur Organisasi Gereja Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, "tetap menginginkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang -undang Dasar 1945".

Lanjut pernyataan Umat Hindu, "kami cinta persatuan dan kesatuan, suka hidup berdampingan dan saling menjaga keharmonisan antar umat beragama".

Pernyataan dari Ketua MPAL mewakili tokoh adat membacakan falsafah adat Lampung adalah "Pi’il pesenggiri, yang menghormati dan menghargai segala perbedaan, kami cinta way kanan, kami cinta indonesia".

Selanjutnya pernyataan dari para pemuda yang diucapkan oleh KNPI, "bahwa indonesia kita penuh warna, oleh saka bhayangkara, warna itulah yang menjadikannya indah dan oleh paskibra, berbeda bukan harus terpecah".

Pernyataan Organisasi Wanita, "ingatlah perjuangan pendahulu kita, mari satukan tekad dan usaha dalam
mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia".

Sedangkan pernyataan media diucapkan oleh ketua PWI, mengatakan, "kami awak media Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, "jangan kekang kami untuk berkarya".

Diteruskan perwakilan Pokjawan, "tapi kami berjanji kepada bangsa ini agar tetap bersatu".

Pernyataan veteran berbeda-beda tapi satu tujuan, yaitu, "mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, itu warisan dari kami untuk generasi muda sekarang".

Untuk pernyataan Forkopimda diucapkan Bupati Way Kanan, "bahwa kami Forkopimda Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, "menolak radikalisme, terorisme, dan intoleransi, yang kami inginkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berideologi pancasila".

Dengan ditutup keseluruhan undangan membacakan pernyataan secara bersama bahwa “Cinta Lampung Untuk Indonesia".

Kapolres Way Kanan AKBP Yudy Chandra Erlianto, S.Ik M.H mengatakan, "dengan semangat silaturahmi kebhinekaan yang berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, atas dukunganya diadakan kegiatan ini agar warga Kabupaten Way Kanan sangat kondusif, tidak ada kejadian apapun dan secara bersama-sama sepakat menyuarakan rasa patriotisme dan nasionalisme sangat tinggi dengan menolak gerakan radikalisme, terorisme dan anti pancasila. peran seluruh elemen inilah sangat diharapakan untuk satu tujuan menjaga keutuhan NKRI," pungkas Kapolres Way Kanan.
(Jefri/Saripudin)

No comments:

Post a Comment