MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, August 3, 2017

Inspektorat Usut Dugaan Penyimpangan Dana Desa (DD) Tahun 2016 di Desa Totokaton

Jamaludin saat di konfirmasi dugaan penyalahgunaan DD TA. 2016 milik Tiyuh Toto Katon
Tulang Bawang Barat, Swaranasionalpos.com - Inspektorat Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), dalam menanggapi terkait dengan adanya dugaan penyalahgunaan (Mark-Up) Dana Desa (DD) TA.2016 yang diduga dilakukan oleh oknum Kepala Tiyuh Toto Katon, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Tubaba, sebagaimana telah di terbitkan di dalam Pemberitaan beberapa hari yang lalu.

Seperti yang di sampaikan oleh Jamaludin sebagai Inspektur Pembantu Wilayah Tiga (Irban III) Tubaba, kepada SNP bahwa dirinya akan mempelajari terlebih dahulu atas semua dugaan terhadap oknum Kepala Tiyuh Totokaton dan akan mengkordinasikan dugaan tersebut kepada Sekretaris Inspektorat Tubaba , hal ini dilakukan agar penanganannya bisa segera ditindak lanjuti oleh pihaknya.

"Saya akan mengkoordinasikan dulu hal ini kepada Singgih (Sekretaris Inspektorat), dan kami akan rencanakan untuk turun langsung ke Kecamatan Batu Putih, tapi sebelumnya kami akan lakukan pemanggilan terlebih dahulu kepada oknum Kepala Tiyuh tersebut untuk meminta penjelasan tentang dugaan ini, dan tentunya jika terbukti adanya penyimpangan pada pengguna DD TA.2016 dan 2017 ini yang diduga dilakukan oleh Kepala Tiyuh maka oknum tersebut harus bertanggung jawab," ujar Jamaudin Irban III, saat ditemui diruang kerjannya. Selasa (1/8).

Terpisah, Ketua Tim Investigasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Aliansi Indonesia yang ada di Tubaba juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendalami dan mempersiapkan data-data dokumen pengguna Dana Desa (DD) TA 2016 milik Oknum Kepala Tiyuh Toto Katon untuk di tindaklanjuti hingga sampai dengan tuntas. Hal ini diduga oknum Kepala Tiyuh tersebut telah merugikan Keuangan Negara. Bahkan pihaknya juga menyanyangkan belum juga selesai dugaan Penyalahgunaan DD TA. 2016. Oknum tersebut juga diduga mencoba mengulangi perbuatan yang sama pada DD 2017.

"Kami akan terus dalami dugaan ini dan jika pembuktian kami anggap cukup maka kami akan usung dugaan ini kepada pihak yang berwajib, dan jika dugaan ini masih dibiarkan maka ini akan jadi suatu contoh buat oknum-oknum yang lainnya, untuk itu kami minta kepada pihak Inspektorat yang ada di Kabupaten Tubaba agar bisa mengambil sikap tegas dan berikan sanksi kepada oknum yang melakukan penyalahgunaan terhadap Dana Desa (DD). Karena jika tidak mengambil sikap tegas dan memberikan sanksi kepada oknum tersebut maka kami pastikan Dana Desa yang ada di Tubaba tidak akan terealisasi dengan benar," tegas Ketua Tim Investigasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Aliansi Indonesia yang ada di Tubaba.  (JEF/DEDi)

No comments:

Post a Comment