MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, August 1, 2017

Terkait Rehab di SMPN 1 Kertasari, Kepala Sekolah Tidak Tahu Apa-apa


Kab. Bandung, Media Suara Nasional
Tahun anggaran 2016 SMPN 1 Kertasari Kabupaten Bandung mendapat bantuan rehab ruang kelas sebesar 570 juta lebih dari Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan untuk 6 ruangan dan terdiri dari 2 ruangan kategori rusak berat, 2 ruangan rusak sedang dan 2 ruangan rusak ringan.

Menurut Kepala Sekolah, Adang Setiaman, bantuan pusat ini bukan di ajukan oleh pihak sekolah tapi oleh pihak Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) karena beliau adalah salah satu alumni IKIP (sekarang UPI).

Pihak yang memverifikasi tingkat kerusakan pun dari pihak UPI, “Kepala Sekolah hanya melaksanakan bimtek (bimbingan tekhnis) dan menandatangani fakta integritas saja di Jakarta waktu itu,” jelasnya. 

Jadi dalam pelaksanaan program ini, Kepala Sekolah kurang memahami ruang mana saja yang rusak berat, sedang dan ringan. Semua itu konsultanlah yang mengetahui termasuk ketua panitia pembangunan yang juga salah satu guru di SMPN 1 Kertasari, Pak Agus, tidak mengetahui persis tentang kategori itu.

Hal ini SNP ketahui dari hasil keterangan Kepala Sekolah, Ketua Panitia Pembangun maupun pihak pekerja. Tapi Pak Agus berharap biar ada dana sisa bisa di gunakan untuk membuat saluran air hujan di tiap depan ruang kelas supaya tidak becek. ”Mudahan mudahan ada sisa dana untuk membuat drainase biar gak becek” ujar nya.

Untuk mendapat keterangan lebih jauh, Kepala Sekolah mengarahkan SNP untuk langsung ke pihak konsultan yang di tunjuk oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung . “ untuk mengetahui tingkat kerusakan, item apa saja yang di ganti dan LPJ pun , pihak konsultan yang lebih berwenang dan sekolah terima beres saja, untuk lebih jelasnya tanyakan saja ke Ibu Kasi, jangan banyak nanya kesaya, saya lagi sakit darah tinggi ”  ujar pak Adang 'bari ngaleos'. (JEF/ASM)

No comments:

Post a Comment