MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, June 17, 2017

2017 Didalduk KB Targetkan 12 Kampung KB



Tebo, Swaranasionalpos.com - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Didalduk KB) Kabupaten Tebo, sesuai dengan instruksi Presiden Republik Indonesia tahun 2017 ini akan merampungkan pembentukan Kampung KB. Sementara itu saat ini ada tiga Kampung KB yang telah dibentuk di Kecamatan Sumay, Tebo Ulu dan Tebo Tengah.

      Kepala Didalduk KB Kabupaten Tebo, Jauhari mengatakan bahwa pada program ini porsi terbesar adalah Program KB, tetapi selain itu juga disertakan program lain seperti peningkatan ekonomi dan perubahan karakter masyarakat.

       “Jadi target kita ini nantinya Kampung KB ini kepesertaan KB menjadi meningkat tinggi, bahkan juga ekonomi masyarakatnyapun akan semakin meningkat” ujar Jauhari.

       Dijelaskannya pula bahwa untuk sektor peningakatan ekonomi, kita menggandeng OPD lain seperti bidang pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan dan permukiman penduduk.

       “Yang sudah ada dan terbentuk saat ini ada di Desa Pagar Puding Kecamatan Tebo Ulu, Desa Teriti Kecamatan Sumay dan Desa Aburan Kecaatan Tebo Tengah” imbuhnya.

       Adapun kriteria Kampung KB ini menurut Jauhari, adalah Desa dengan tingkat Peserta KB dan MPJP yang rendah. Dan indikator keberhasilannya adalah Data dan Informasi, KB dan Kesehatan Reproduksi, Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kesehatan, Sosial Ekonomi, Pendidikan, Permukiman dan Lingkungan.

       “Saat ini kegiatan yang telah dilaksanakan workshop, usulan lokasi, SK Bupati, Pengukuhan, Rapat Pokja, Monitoring dan pendampingan serta evaluasi” pungkasnya.  *JA/TR

No comments:

Post a Comment