MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, June 17, 2017

"HATTRICK" Kabupaten Sukabumi Kembali Raih Predikat WTP



Kab. Sukabumi, Swaranasionalpos.com - Bertempat di Kantor Perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat, Jumat (02/06/2017) pekan lalu Bupati Sukabumi didampingi Ketua DPRD Kab. Sukabumi, Sekretaris Daerah Kab. Sukabumi, Kepala BPKAD dan Kepala Inspektorat menghadiri acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2016. 

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat Arman Syifa, S.ST.  M.Acc. Ak. menyampaikan bahwa tujuan pemeriksaan terhadap laporan keuangan adalah untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan. 

Arman mengatakan, opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan. Hal itu sesuai Undang-undang Nomor 15 tahun 2014 pasal 20 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

"Namun pemerintah daerah wajib menindaklanjuti rekomendasi semua laporan hasil pemeriksaan BPK, jika ditemukan ada keganjilan dalam laporan keuangannya," terang dia.

"Tujuan pemeriksaan terhadap laporan keuangan adalah untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan pemda," ujar Arman Syifa.

“Untuk diketahui, WTP merupakan opini laporan keuangan yang derajatnya paling tinggi di antara 4 opini hasil pemeriksaan keuangan oleh BPK. Selain WTP, secara berurutan opini lainnya adalah WDP (Wajar Dengan Pengecualian), Tidak Memberikan Pendapat (TMP) dan Tidak Wajar (TW)”. 

Selain Kabupaten Sukabumi, 11 daerah lain di Jawa Barat juga mendapat opini serupa dari BPK RI. Di antaranya Kabupaten Bandung; Karawang; Bekasi; Cianjur; Ciamis; Indramayu; Tasikmalaya; Pangandaran; Kota Banjar, Tasikmalaya, dan Kota Cimahi.

Pihak yang mendapatkan opini WTP sangat bangga atas pencapaian tersebut. Apalagi kalau setiap tahun laporan keuangannya menjadi langganan mendapatkan opini WTP. Bahkan capaian yang diraih itu dianggap tidak ada atau terjadi indikasi korupsi dalam pengelolaan keuangan di suatu lembaga pemerintahan.

Dalam acara tersebut Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat  Arman Syifa, S.ST. M.Acc menyerahkan LHP kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  dari Badan Pengawas Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) yang diterima oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami. MM dan Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi dengan hasil dapat mempertahankan predikat  Wajar Tanpa Pengecualian  (WTP).

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami, mengaku bersyukur atas capaian opini WTP tersebut. Namun, ia mengingatkan agar jajarannya di lingkungan Pemkab Sukabumi tidak terlena dengan hasil itu. Sebab, masih banyak hal yang harus dibenahi untuk perbaikan laporan dan penggunaan keuangan daerah.

“Terimakasih kepada semua perangkat daerah yang telah bekerja optimal, WTP harus terus menjadi motivasi bagi Sukabumi lebih baik dengan transparansi dan akuntabilitas keuangan di masing PD” ungkap Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dengan penuh rasa syukur.

Selanjutnya dalam kesempatan yang sama Sekertaris Daerah Kabupaten Sukabumi H. Iyos somantri Juga menyampaikan. “Pertama selaku  sekda sebagai  staf dari Bupati  dan Wabup bersyukur pada Allah SWT atas diraihnya opini WTP pada tahun ini, kedua Opini WTP bagi Pemda yang menjalankan prinsip good governance dan Clean government adalah sebuah keniscayaan yang dibarengi dengan komitmen Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati yang sangat kuat agar seluruh PD dan jajarannya mengelola keuangan secara transparan dan on The track, ketiga terimakasih kepada seluruh kepala Perangkat Daerah dan camat yang telah berjibaku bahu membahu mengelola keuangan APBD 2016 beserta jajarannya, mudah mudahaan menjadi amal shaleh dan secara totalitas berharap bahwa APBD kita bisa bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Sukabumi, terakhir agar kedepan tata kelola keuangan lebih ditingkatkan sehingga pengelolaan APBD kita lebih transparan, efektif, efisien dan akuntabel dalam rangka mewujudkan Sukabumi lebih baik  tentunya”

Kabupaten Sukabumi bukan yang pertama kalinya mendapatkan opini WTP namun di tahun sebelumnya yaitu tahun 2014 dan 2015 juga meraih opini WTP, sehingga jika ditambah dengan tahun ini Kabupaten Sukabumi meraih "hattrick" karena tiga kali  berturut turut dapat mempertahankan opini WTP. *JA/NS

No comments:

Post a Comment