MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, June 10, 2017

Kodim 0618/BS Melaksanakan Kegiatan "Pekan Pancasila" di SMA Kartika XIX

Dandim 0618/BS saat memberikan arahan kepada siswa
Bandung, Swara Nasional Pos - Dandim 0618/BS Kolonel Inf. Sugiyono memberikan arahan kepada ratusan siswa SMA Kartika XIX -1 dan XIX - 3 jl. Aceh no 108, Kelurahan Merdeka Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.

Arahan Dandim ini dalam rangka kegiatan Pekan Pancasila, yang bertemakan 'Saya Indonesia, Saya Pancasila'. Dandim menegaskan, "Pancasila adalah Ideologi Dasar Negara Republik Indonesia yang memiliki  nilai-nilai yang  menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia. Generasi muda merupakan penerus bangsa, para siswa harus mempunyai keimanan yang kuat kepada Tuhan YME,  menggapai cita-cita yang tinggi, tidak melakukan perbuatan yang merugikan orang lain, serta mau berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara. Banyak yang para siswa perbuat untuk cinta terhadap bangsa ini diantaranya belajar dengan rajin dan tidak terpengaruh hal-hal yang negatif, " tegas Dandim.

Dalam kegiatan Pekan Pancasila diberikan beberapa materi yang bertujuan untuk menumbuhkan wawasan kebangsaan dan kecintaan terhadap Pancasila dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Diantaranya. pemberian materi Pancasila dan Kebhinekaan yang disampaikan oleh Wadanramil 1802/Cibeunying Kapten Inf. Tabroni, materi baris berbaris (PBB) yang dipimpin oleh Kaur Komsos Sterdim 0618/BS Kapten Kav Abdul Gofur dan kegiatan Outbond yang dipimpin oleh Danramil 1814/Bandung Kidul Kapten Inf. Suratno dengan materi Water Estafet, Permadani Terbang, Tongkat Estafet, Bul Dozer, Bola Tali dan Holahop.

Tujuan dari materi PBB dan Outbond yakni untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, memupuk kebersamaan sebagaimana yang tertuang dalam butiran Pancasila. Para siswa begitu  antusias dalam mengikuti kegiatan ini terlihat dari senyum, tawa dan semangat yang diperlihatkan oleh para siswa walaupun sebagian besar sedang melaksanakan ibadah puasa.

Pada akhir kegiatan dilaksanakan foto bersama. Hadir dalam kegiatan ini, Dandim 0618/BS Kolonel Inf. Sugiyono, Danramil 1814/Bandung Kidul Kapten Inf. Suratno selalu koordinator kegiatan, Kaur Komsos Sterdim 0618/BS Kapten Kav. Abdul Gofur, Wadanramil 1802/Cibeunying Kapten Inf. Tabroni selalu pemberi materi, Kepala sekolah Aryani, S.Pd, para guru dan para Babinsa.
 
Kegiatan Outbond: Bul Dozer
Kegiatan Outbond: Bola Tali
Kegiatan Outbond: Water Estafet
Kegiatan berlangsung tertib, lancar dan aman. (Jef/Gun Tim kreatif).

No comments:

Post a Comment