MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, January 31, 2018

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang Siapkan Program Tata Kelola Limbah dan Sampah

Nevi Fatimah, Kabid Kebersihan Pengelolaan Sampah dan Limbah Kabupaten Karawang
Kab. Karawang, Media Suara Nasional - Drs. Wawan Setiawan NK.MM,, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang, Propvnsi Jawa Barat, melalui Nevi Fatimah, Kabid Kebersihan Pengelolaan Sampah dan Limbah, Selasa (30/1) di ruang kerjanya mengatakan, "problema yang sangat mendasar di Kabupaten Karawang yakni limbah sampah yang menghantui penataan Kabupaten Karawang."

"Kebanyakan orang tanpa sadar membuang sampah sembarangan ke Sungai Citarum sehingga merusak Ekosistem lingkungan hidup, selain itu Pabrik-pabrik juga membuang limbah industrinya ke Sungai Citarum  sehingga air sungai tercemar oleh limbah berdampak timbulnya berbagai sumber penyakit," tegasnya.

Tambah Nevi, "sasaran dan tujuan program Citarum Harum itu kembali lagi kepada zaman dulu yang tidak terkontaminasi oleh limbah industri dan limbah sampah, dimana masyarakat Kabupaten Karawang bisa mandi air bersih lagi di Sungai Citarum tanpa takut kena penyakit, tidak seperti sekarang ini."

DLHK Kab. Karawang
"Kami juga sudah membentuk Tupoksi untuk kegiatan bersih Citarum, dimana saya sendiri membidangi Kebersihan dan Pengelohan Limbah, terutama limbah plastik yang kebanyakan dari limbah Rumahtangga. Dimana pelaksanaanya yaitu mengambil limbah-limbah sampah di bantaran sungai dan jembatan lalu di angkut ke TPA," terang Nevi.

"Kami Dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang berharap kesadaran dari masyarakat untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat, buanglah sampah ke tempat yang sudah di sediakan. Maka dari itu kami bekerjasama dengan Bank Sampah melakukan Sosialisasi ke masyarakat akan bahayanya Sampah dan manpaat Sampah yang bisa menghasilkan PAD Kabupaten Karawang dengan mengolah kembali Sampah menjadi kompos dan yang lainnya," ucap Nevi mengahiri perbincangannya. (AR/Bim)

No comments:

Post a Comment