MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, January 25, 2018

Aparatur Desa Daya Asri Bantah Pengelolaan Dana Desa Bermasalah

Desa Daya Asri
Kab Tulangb Bawang Barat, Media Suara Nasional - Aparatur Tiyuh (desa) Daya Asri, Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) membantah adanya dugaan permasalahan pada pengelolaan dana desa. Hal ini berdasarkan hasil keterangan yang diperoleh awak media saat memberikan hak sanggahan di Balai Tiyuh setempat.
 
Subagio, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Tiyuh Daya Asri mengungkapkan, bahwa pada tahun 2017 pembangunan onderlagh sepanjang 1000 meter terletak di 3 titik yaitu di RK 02,RK 04,RK 05, gorong-gorong plat ukuran 4 x 0,6 sebanyak 2 buah di RK 01 dan RK 04.

"Kemudian pembangunan gorong-gorong base dengan ukuran panjang 4,5  satu buah ini terletak di RK 04 juga, pembangunan gorong-gorong plat juga dengan ukuran 5 x 0,6 di RK 01 dan RK 05 ini untuk pembangunan fisiknya," kata dia, Rabu (24/1/2018).

Kemudian lanjut Subagio, untuk tiang lampu Tiyuh Daya Asri mengadakan sebanyak 1030 buah yang dianggarkan Rp.234.948.500,- khusus untuk tiang. "Jadi kalau di bagi 1030 buah itu sekitar Rp.228.000,- belum di potong pajak, untuk itu belum mecukupi untuk pembelian kelengkapannya. Oleh sebab itu, kami mengadakan musyawarah tentang Swadaya kelengkapan tiang lampu berita acaranya terlampir yang di hadiri oleh tokoh masyarakat, BPT Tiyuh Daya Asri, bidang penyelenggara pemerintah meliputi belanja barang, operasional, siltap aparatur tiyuh dalam satu tahun, alat-alat perkantoran dan lain lain," paparnya.

"Atas kesepakatan bersama dengan masyarakat pengadaan tiang lampu penerangan jalan di biayai oleh dana Desa Tiyuh Daya Asri tahun anggaran 2017, biaya pemansangan tiang lampu pengadaan lampu serta instalasi kabel dibebankan kepada masyarakat sebesar Rp.95.000,- dan apabila kebutuhan kabel lebih dari 10 meter maka dikenakan biaya tambahan sesuai panjang kabel tambahan yang diperlukan," lanjut Subagio.

Di tempat yang sama, Alifiantoro Kepalou Tiyuh Daya Asri mengungkapkan, dalam pembuatan Rencana Anggaran Belanja (RAB) Dana Desa Tiyuh Daya Asri pihaknya juga di dampingi oleh pihak Tenaga Ahli Desa. "Saat RAB kami melibatkan Pendamping Tekhnik Desa dan Pendamping Kecamatan Desa," singkatnya. (DEDI)

No comments:

Post a Comment