MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, December 3, 2016

Rencana Transmart Carrefour di Kota Tasikmalaya, Bisa Picu Kemacetan di Rancabango


Lokasi rencana pembangunan Transmart Carefour Kota Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya, SNP - Santernya rencana pembangunan Transmart Carrefour di daerah pertigaan jalan Ir H Juanda Rancabango Kota Tasikmalaya, ternyata banyak menimbulkan sejumlah kontroversi, terutama lokasi yang akan ditempati oleh perusahaan milik Trans TV group itu. Posisinya tepat berada di depan stopan pertigaan rancabango, sehingga dikuatirkan bisa memicu kemacetan tambah parah   

“Apakah Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya akan memberikan izin? Karena lokasi itu berada di pertigaan stopan. Apalagi selama ini di jalur pertigaan itu merupakan jalur macet pertemuan dari tiga arah, ”ujar pemerhati social Kota Tasikmalaya, Mumuh Pangestu S.Sos, Sabtu (3/12).

Menurut pria yang akrab dipanggil Apih itu merasa kuatir, karena dengan hadirnya Transmart Carrefour itu akan mengundang jadi tempat mangkalnya sejumlah angkot, becak, ojek dan PKL di trotoar.

Kemudian juga yang patut dipertanyakan itu, guna untuk mengatur kendaraan masuk dan keluarnya ke tempat tersebut akan membuka akses jalan ke arah mana? Terkait rekayasa untuk lalu lintasnya.

“Apakah di lokasi itu memang diperbolehkan membanguan tempat usaha perdagangan pasar modern di dalam RDTR? Mengingat di sebelah selatan ada pasar induk tradisional cikurubuk,” terangnya.

Kata Apih, memang dengan hadirnya investor bisa menyerap tenaga kerja di Kota Tasikmalaya. Selain juga bisa meramaikan roda perekonomian. Tentunya dapat  menciptakan tempat keramaian baru.
Apalagi investor berskala nasional itu berani berinvestasi di wilayah Priangan Timur tersebut cuma di Kota Tasikmalaya saja. Mungkin ada pertimbangan dari sisi bisnis Kota Santri itu sangat potensial.

“Tapi tentunya kehadirannya tersebut jangan sampai bisa menimbulkan masalah. Sehingga harus benar-benar rencana pembangunan itu tidak asal-asalan, terutama dari aspek, perizinan, lingkungan, lalu lintas dan tentunya juga masyarakat sekitarnya,” pungkasnya.

Ketika dikonfirmasi kepada Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tasikmalaya, Ahmad.Sedang tidak ada di kantornya.

Di tempat terpisah Kepala Bidang (Kabid) Jasa Usaha Perdagangan BPMPTT Kota Tasikmalaya, H Agus Jamaludin mengatakan saat ini Transmart Carrefour belum menempuh perizinan.Tapi memang sudah santer adanya pembangunan tersebut di rancabango.(Ariska/D.Saepudin)

No comments:

Post a Comment