MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, December 30, 2016

Program Air Bersih Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bogor Selalu Membuat Inovasi Positif



Kab. Bogor, Swara Nasional Pos - Air merupakan salah satu kebutuhan mendasar bagi manusia terlebih air bersih, bahkan hal ini dituangkan dalam UUD 1945 pasal 33 ayat 3 yang berbunyi “Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”. Artikan begitu pentingnya keberadaan air bersih, sehingga perlu dikelola oleh Negara dengan baik dan seadil-adilnya, sampai seluruh rakyat Indonesia harus menikmati ketersediaan Air bersih.

Hal inilah, yang menjadikan landasan untuk selalu mengadakan inovasi guna perbaikan pelayanan terhadap masyarakat terutama masyarakat se Kabupaten Bogor. Alhamdulilah melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) program Air bersih telah banyak dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bogor. Tetapi, kami juga sadar bahwa masih ada warga di Kabupaten Bogor yang masih belum menikmati ketersediaan air bersih. Hal inilah yang menjadi motivasi di DKP untuk membuat suatu ide gagasan baru supaya masyarakat Kabupaten Bogor dapat menikmati keterdediaan air bersih.

Dinas Kebersihan dan Pertamanan, selalu mengadakan sosialisasi ke berbagai wilayah atau daerah di Kabupaten Bogor tentang manfaat air bersih dan cara pengajuan bantuan air bersih. Selain itu, DKP selalu memberikan pelatihan tentang pengeloaan air bersih bagi Badan Pengelola Sarana Air bersih (BPS-AB) sehingga badan tersebut dapat mengelola air secara profesional dan Mandiri. DKP juga tidak lupa memberikan reward/apresiasi kepada BPS-AB yang berprestasi dalam pengelolaannya. Hal ini, direalisasikan dalam program Gebyar 1000 SR pada tahun 2013 dan Gebyar 2000 SR 2014, dimana desa yang berprestasi dianugrahi atau mendapat penghargaan dari Bupati Bogor.

Pada tanggal 27-28 September 2016, DKP mengadakan kegiatan PELATIHAN BADAN PENGELOLA SARANA AIR BERSIH (BPS-AB), serta Sosialisasi Penyedotan Tinja Terjadwal dan Pemeriksaan Air Minum (PETERPAM), dimana dalam pelatihan ini, diberikan materi tentang Kebijakan Pengelolaan air bersih sampai dengan cara Pemeliharaan Sarana Air Bersih. Puncak acara adalah Pemberian Penghargaan  BPS-AB Terbaik.

Menurut Kabid Sanitasi Lingkungan (SL), Dr. Bambam Setia Aji, ST. M.BA dalam pelatihan ini BPS-AB diharapkan dapat bekerja untuk masyarakat secara profesional dan mandiri sehingga sarana yang telah dibangun dapat berjalan dan terpelihara dengan baik. Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat memacu BPS-AB untuk lebih meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat, karena BPS-AB merupakan ujung tombak DKP guna mensukseskan program Air Bersih Perdesaan.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bogor (DKP), Panji Ksatriadji, masyarakat Kabupaten Bogor diharapkan agar selalu ikut berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan terutama menjaga kualitas air tanah/ air sungai, agar tidak kekurangan air bersih pada saat musim kemarau.*HR/NAY/ADV/JA

 


No comments:

Post a Comment