MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, December 17, 2016

Pembangunan Jalan Tol Tasikmalaya - Yogyakarta - Solo 2017?



Kota Tasikmalaya, SNP - Santernya kabar akan dibangunnya proyek pembangunan jalan tol Tasikmalaya-Yogyakarta-Solo, membuat sejumlah masyarakat menjadi penasaran.Apalagi disebut-sebut tol tersebut merupakan skala prioritas nasional 2017.

Ranita, warga Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya menyambut baik.Kalau memang pembangunan jalan tol yang menghubungkan 3 provinsi itu akan segera dibangun, apalagi kalau bisa melintasi daerahnya.Karena dampak jalan tol itu bisa membangkitkan ekonomi.

Mentri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki
Selain itu juga, dengan dibangunnya jalan tol tersebut bisa membangkitkan keramaian suatu daerah yang dilewatinya, yang menurutnya wilayah Manonjaya itu sangat sepi. Pasalnya, daerah tersebut  tidak terlewati oleh kendaraan angkutan umum Bandung-Yogyakarta. Selama ini sejumlah kendaraan itu hanya melintasi arah wilayah Ciamis.

“Saya jadi penasaran dengan proyek pembangunan jalan tol Tasikmalaya-Yogyakarta-Solo itu, karena sebelumnya justru yang santer itu pembangunan jalan tol Bandung-Tasikmalaya.Tapi sampai sekarang tidak ada kabarnya.Malah tiba-tiba kini muncul tol Tasik-Yogya-Solo,” ujarnya kepada awak media, Sabtu (17/12).

Sementara itu dilihat di website PU Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri Basuki menjelaskan proyek pembangunan jalan tol Tasikmalaya-Yogyakarta-Solo itu tengah dilaksanakan studi kelayakan atau Feasibility Study (FS), agar menentukan desain ruas jalan tol. Apakah berupa landed tollroad atau elevated tollroad supaya mengikuti jalan nasional yang ada.

Sedangkan sepertidi kutip dari OkeZone.com Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry TZ menandaskan pihaknya tengah mempersiapkan dokumen. Bahkan April 2017 sudah memasukan dokumen untuk dievaluasi. Setelah itu kalau sudah memenuhi kelayakan, tahapan selanjutnya adalah proses lelang.Jalan tol  tersebut merupakan proyek strategis pemerintah 2017.(Tim)


No comments:

Post a Comment