MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, December 23, 2016

HRM Bapak Pembangunan dan Pendidikan Sangihe



Bupati  Sangihe, Drs HR Makagansa MSi
Tahuna, SNP - Di bawah kepemimpinan HRM pembangunan di Sangihe sangat signifikan, terbukti berbagai fasilitas umum di bangun seperti jembatan, jalan, sekolah dan banyak lagi di setiap Kecamatan dan Desa yang ada di Sangihe. Ini bukti HRM cinta  Sangihe, dari segi pendidikan Makagansa juga membangun sekolah SMK, SMA yang ada di kecamatan-kecamatan.

Salah seorang warga Petta  Maxi ketika di temui Media ini mengatakan, "Saya sangat bangga dan mengapresiasi  bapak Makagansa karna dibawah kepemimpinan bapak, pembangunan sangat banyak, “maso rumah sakit nda bayar, kita pe anak skolah le gratis, ini baru bilang pemimpin yang peduli rakyat yang laeng boleh janji mar HRM so ada bukti.” Ungkap maxi.

Makagansa juga mengajak  dan mengingatkan  anak-anak yang ada di Sangihe supaya rajin membaca karna membaca adalah cara yang paling jitu dalam menambah atau memperkaya ilmu pengetahuan. 

Drs HR Makagansa MSi, mengharapkan, agar seluruh Warga Sangihe mulai dari orang tua hingga kepada anak-anak mulai neningkatkan kegemarannya dalam membaca buku. Makagansa meyakini jika setiap orang menyisihkan waktunya setiap hari dengan kegiatan membaca, maka kualitas SDM dari setiap pribadi akan naik dengan sendirinya. 

"Peningkatan kualitas SDM tidak hanya tercapai lewat bangku pendidikan, tetapi dapat pula tercipta dengan sendirinya ketika seseoarang mulai menumbuhkan kesukaannya untuk membaca. Buku apa saja, yang penting hal-hal yang berbau positif. Dan hal ini sangat penting bagi seluruh komponen di daerah ini guna menghadapi era persaingan yang semakin kompetitif," anjur Makagansa memotivasi siapa saja yang ada di daerah untuk menumbuhkan semangat membaca buku. 

Dia kemudian menambahkan, sarana dan prasarana membaca saat ini sangat mudah diakses oleh siapapun. "Selain memiliki perpustakaan yang representatif baik melalui instansi teknis. Pada setiap SKPD hingga pemerintah kecamatan, kelurahan/kampung saat ini rata-rata menyediakan ruang baca bagi siapapun. 

Disamping itu pula, warga bisa menggunakan fasilitas internet yang sangat mudah diakses melalui HP atau smartphone lainnya," ungkap Makagansa, baru-baru ini, sambil berjanji akan mengupayakan pembangunan perpustakaan hingga ke pelosok-pelosok wilayah jika dipercayakan menjadi Bupati kembali.

Diketahui, rating atau peringkat gemar membaca dari Indonesia masih berada sangat jauh atau berada pada urutan terbawah, termasuk di Kawasan Asia Tenggara. 

Menanggapi akan hal itu, Ketua LSM Kadademahe, Marslem Pulumbara mengatakan, mendukung pernyataan Makagansa dalam mendorong minat membaca di daerah kepulauan sangihe." Tutup Pulumbara mengakhiri pembicaraannya. *Handry

No comments:

Post a Comment