MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, January 24, 2017

Kepala UPTB PP Wilayah 1 Kota Tasik, Ajak Warga 3 Kecamatan Sadar Pajak

Kota Tasikmalaya, SNP - Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah melalui Kepala UPTB Pelayanan Pajak (PP) Wilayah 1 yang meliputi Kecamatan Indihiang, Bungursari dan Cihideung Kota Tasikmalaya, Dadang Hernawan S.STP mengajak masyarakat di wilayah 3 Kecamatan tersebut supaya sadar pajak.
Karena dengan adanya kesadaran warga membayar pajak itu, tentunya akan ikut andil mendorong terwujudnya percepatan pembangunan, sehingga nantinya pun masyarakat juga yang akan menikmati hasilnya, membayar pajak suatu kewajiban sebagai warga negara yang baik.
“Kami selama ini berharap kepada masyarakat yang berada di 3 Kecamatan itu harus ada kesadaran membayar pajak PBB/P2, kalau memang sudah menerima SPPT bisa membayar langsung ke BJB yang paling terdekat”, beber alumni STPDN tersebut, Senin (23/1). 
Kata Dadang, saat ini pihaknya telah diberi kewenangan bisa menarik pajak diluar PBB/P2, karena ada sejumlah potensi yang harus digarap, tentunya dalam upaya untuk bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya.
Adapun potensi yang bisa digali itu adalah dari sektor pajak hotel berupa rumah kost dan kontrakan, kemudian dari pajak restoran berupa rumah makan, warung nasi dan catering, serta juga dari sektor reklame berupa papan toko, hiburan dan lainnya. 
Sebenarnya masih banyak juga potensi yang belum digarap di 3 Kecamatan selama ini, termasuk juga pajak parkir yang berada diluar badan jalan, karena dari sektor parkir tersebut sangat potensial sekali bisa memberikan kontribusi yang signifikan. 
“Pemahaman pajak itu bukan hanya sekedar PBB/P2 saja melainkan juga ada sektor-sektor potensi lainnya yang harus digarap, tetapi tentunya ini juga harus didukung oleh kesadaran masyarakatnya supaya ikut andil bisa meningkatkan PAD”, lanjut alumni STPDN tersebut, Senin (23/1). 
Menurut Dadang, pihaknya memiliki tenaga para kader sebanyak 190 orang dilapangan, nanti diharapkan bisa membantu untuk bisa koordinasi dengan para wajib pajak yang memiliki kesadaran.
“Atau bisa juga kalau ada masyarakat yang ingin konsultasi terkait pajak, baik PBB/P2 atau pun diluar sektor itu silahkan saja datang ke kantor kami di Jl. Leuwidahu, tentunya kami welcome dan sangat apresiasi sekali”, terangnya. 
Dadang juga menambahkan akan melakukan jemput bola dengan memberikan sejumlah formulir ke masyarakat yang dinilai memiliki potensi usaha, langkah itu akan di tempuhnya karena kurangnya warga akan kesadaran membayar pajak selama ini. 
Patuh membayar pajak dan tepat waktu itu patut dihormati sebagai pejuang pembangunan, sehingga wajib masyarakat luas didorong supaya menjadikan bayar pajak itu sebagai tanggung jawab warga negara yang baik. 
”Setiap rupiah pajak yang dibayar sangat memberikan arti bagi pembiayaan roda pemerintah, pembangunan dan kesejahteran masyarakat, semakin besar dana yang dihimpun maka semakin besar pula pembangunan bagi kepentingan warga”, pungkasnya.(Jefri/Ariska/D.Saepudin)

No comments:

Post a Comment