MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Sunday, January 22, 2017

Rakor Pangan Upsus Padi, Jagung Dan Kedelai TA. 2017

Soreang, SNP - Pangdam III/Siliwangi mendampingi kunjungan kerja Menteri Pertanian, Prof. DR. Ir. H. Andi Amran Sulaeman ke wilayah Kec. Soreang, Kab. Bandung, Sabtu (21/1).
Pada sambutannya, Bupati Kab. Bandung, H. Naser mengucapkan selamat datang atas kesediaan Menteri Pertanian unuk hadir di Kab.Bandung, sekaligus mengikuti rakor yang berkaitan dengan penanaman PAJALE yang bekerjasama dengan TNI, khususnya Kodam III/Siliwangi.
Disampaikannya, "dengan dibantu oleh Babinsa, pertanian di Kab. Bandung meningkat dan saluran irigasi lebih membaik dibanding sebelumnya, tak kalah juga berkat kerja keras Babinsa dan Kamtibmas dalam menjaga keamanan di wilayah Kab. Bandung, aman", ucap Bupati Kab. Bandung.


Pada kesempatan yang sama, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M. Herindra, pada rakor ini menyampaikan "tentang masalah ketahanan pangan ini menekankan untuk mendukung penuh program yang dicanangkan oleh Menteri Pertanian tentang ketahanan pangan dan swasembada pangan".
Ditambahkannya, "TNI dan ketahanan pangan sangat berhubungan erat karena TNI mempunyai tujuan utama ingin mensukseskan ketahanan pangan di Indonesia, mari kita dukung agar Indonesia dapat mensukseskan swasembada pangan dan tidak perlu mengimpor dari negara luar lagi", ucap Pangdam III/Siliwangi.
Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Dedy Mizwar dalam sambutannya menyampaikan bahwa potensi Jawa Barat sangat tinggi tentang kedaulatan pangan padi, jagung dan kedelai.
"Kebutuhan protein hewani untuk membentuk kerja sel otak yang dapat dihasilkan bukan hanya melalui daging sapi saja, karena masih didapat dari daging kelinci dan daging domba".
Wagub menambahkan, "Kedaulatan pangan telah dinyatakan berhasil, terbukti kita sudah tidak mengimpor beras dari luar negeri karena daerah kita sudah mampu untuk mengatasi kebutuhan pokok masyarakat", jelasnya.
Wakil Gubernur menyampaikan apresiasi kepada TNI, Kodam III/Siliwangi agar dapat membantu pembuatan jembatan penghubung Desa seperti di Tasik dan Pangandaran, agar logistik di wilayah tersebut dapat terdistribusi dengan baik dan gizi masyarakat dapat terpenuhi.
Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan pernyataan kesanggupan sasaran luas tanam padi kepada Aster Kasdam III/Siliwangi, Dandim 0606/Kab. Bandung dan Dandim 0619/Purwakarta yang disaksikan oleh Menteri Pertanian, Pangdam III/Siliwangi, Wakil Guberjur Jabar dan Bupati.
Menteri Pertanian pada sambutannya menyampaikan anggaran pertanian Jabar 2014 hanya 1.4 trilyun tetapi untuk tahun 2017 menjadi  2.5 trilyun.
Menteri petanian menyampaikan ucapan terima kasih kepada Jawa Barat bahwa kita sudah tidak impor beras dari luar negeri dan kepuasan masyarakat kepada pelaksanaan tugas TNI dilapangan mencapai  89.57%.
Kegiatan ini dihadiri oleh Wagub Jabar, Pangdam III/Siliwangi, Para Bupati, Wali Kota, Para Danrem dan Para Dandim jajaran Kodam III/Siliwangi dan Kepala Dinas pertanian Jabar.
(Jefry/PurPendam III/Siliwangi)

No comments:

Post a Comment