MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, December 7, 2016

Ketua Kelompok Tani Diduga Kuat Slewengkan Dana Bantuan Ternak



Mesuji, SNP - Ketua Kelompok Tani Desa Wirabangun Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji yang diduga telah melakukan penyimpangan dana bantuan ternak sapi pada tahun 2014 silam dalam program Unit Pembuatan Pupuk Ternak (UPPO) sebesar Rp 200,000,000.

Sejatinya uang tersebut diperuntukkan untuk membeli sapi sebanyak sepuluh ekor, pembuatan kandang sapi, gedung pembuatan pupuk kompos, bak permentasi, motor bentor dan mesin pencacah rumput.

Hal ini sesuai dengan putunjuk tehnis yang sudah diberikan oleh dinas peternakan kabupaten atau propinsi.

Dari 6 petunjuk tehnis tersebut, ada dua yang dianggap menyimpang, salah satunya adalah pembuatan gedung UPPO yang seharusnya dibangun dengan ketinggian dinding 4 meter. Namun, fakta lapangan hanya dibuat dau setengah meter saja. Selain itu, bak permentasi yang sehusnya dibuat, tetapi dilapangan tidak ada.

Ketua Kelompok Tani penerima bantuan, Mukri yang dikonfirmasi SNP mengungkapkan, bahwa pekerjaan tersebut tidak ada masalah. “Pekerjaan ini saya anggap tidak ada masalah, kerena yang saya kerjakan sesuai dengan petunjuk tehnis dari dinas peternakan. Saya tidak pernah merasa korupsi. Kalau masalah ini mau diberitakan, gak masalah," ujarnya seperti menantang.

Namun, ketika Ketua LSM Jaringan Anti Korupsi (JAK) memaparkan juknis untuk pembuatan UPPO, Mukri sepertinya paham akan kesalahan yang dilakukannya.

Berbagai pihak meminta aparat hukum untuk mengusut tuntas dugaan terjadinya korupsi yang dilakukan ketua kelompok teni tersebut. (Buhori)

No comments:

Post a Comment