MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Sunday, December 4, 2016

Kodim 0618/BS bersama KPA Kota Bandung Gelar Peringatan HAS

Bandung, Swaranasionalpos.com - Hari Aids Sedunia (HAS) yang jatuh pada tanggal 1 Desember selalu diperingati oleh setiap negara di seluruh dunia. Peringatan ini untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah Aids di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran Virus HIV.

Berkaitan dengan hal tersebut Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Bandung dan Kodim 0618/BS mengadakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Aids Sedunia dan Minggu (4/12), bertempat di Makodim 0618/BS jalan Bangka 2, Kota Bandung. 

Tujuan peringatan Hari Aids Sedunia (HAS) Kota Bandung yakni, memberikan pengetahuan dan Informasi tentang penanggulangan Hiv Aids, membangun kepedulian masyarakat terhadap program penanggulangan Hiv Aids, mengajak peran serta masyarakat dan TNI dalam mengurangi penularan Hiv Aids. Sedangkan Tema kegiatannya " Mari berubah, masa depan gemilang tanpa penularan Hiv Aids menuju Bandung Juara ". 

Rangkaian kegiatan dalam peringatan tersebut diantaranya: Pembuatan Film dokumenter peringatan HAS 2016, Penyuluhan tiap Koramil dikota Bandung, Edukasi Hiv Aids bagi remaja melalui Outbound bersama TNI, Lomba Poster, Jambore warga peduli Aids (WPA), Kompetensi Dance Srikandi Pasundan, Solidarity Run sebagai puncak dari rangkaian kegiatan HAS Kota Bandung yang bertempat di Makodim 0618/BS. 

Kegiatan dimulai dengan senam bersama, Dandim 0618/BS Kolonel Inf Sugiyono dan Sekda Kota Bandung Yossy Irianto melepas peserta Solidarity Run sekitar 200 peserta mengikuti kegiatan Run Solidarity yakni dari Kodim 0618/BS, Polrestabes, Pemkot Bandung, Dinkes, Dishub, Satpol PP, Pemkot, KPA, Diskominfo, Disduk dan Rumah Cemara serta masyarakat sekitar, yang melewati jarak 5 Km dengan Route Star Makodim - jalan Bangka - jalan Lombok - jalan Aceh - jalan Banda - jalan R.E. Martadinata - jalan Merdeka - jalan Jawa - finis Makodim. 

Setelah Finish para peserta yang juara mendapatkan hadiah yang diserahkan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, Dandim 0618/BS Kolonel Inf Sugiyono dan Sekda Kota Bandung Yossy Irianto. Dandim 0618/BS pada kegiatan Hari Aids Sedunia Kota Bandung 2016 menyampaikan, " Hari Aids ditetapkan th 1998 yang dicetuskan oleh James W Bunn dan Thomas Natte yang bertujuan untuk meningkatkan Komitmen semua pihak dalam rangka penanggulangan Hiv - Aids," ucap Dandim.

Dandim juga mengatakan, kota bandung memiliki kasus Hiv - Aids tertinggi di Jabar, berdasarkan data dari Dinkes Kota Bandung sampai juli 2016 tercatat 3.912 sehingga memerlukan peran serta seluruh sektor untuk terlibat aktif dalam penanggulangan Hiv - Aids.

Sementara itu Walikota Bandung menyampaikan, apresiasi kepada Kodim 0618/BS atas terselenggaranya kegiatan yang bermakna ini, kasus Hiv - Aids Kota Bandung cukup signifikan.

"Oleh karena itu semua unsur yang terlibat harus terus mengkampanyekan hidup sehat agar mempercepat tercapainya 3 Zero yakni agar tidak ada infeksi baru, tidak ada kematian karena Aids dan tidak ada stigma/diskriminasi, " ujar Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil. 

Kegiatan HAS Kota Bandung 2016 dihadiri Walikota Bandung beserta Ny. Atalia Ridwan Kamil, Dandim 0618/BS beserta Ny. Inge Sugiyono, Sekda Kota Bandung, Kadinkes Kota Bandung dr. Hj. Ahyani Raksanagara, Pasiter Kodim 0618/BS Kapten Inf Alex Gaol, para Danramil, para Pasi, para camat, perwakilan dari polrestabes, dan unsur terkait lainya dan masyarakat sekitar. Kegiatan berjalan dengan aman dan Lancar. (Lucky/Gun Tim Kreatif )

No comments:

Post a Comment