MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, December 10, 2016

Jalan Tol Tasik-Yogya Dahulu Dibangun, Berikutnya Baru Tol Tasik-Bandung?


Kepala Bappeda Kota Tasikmalaya, Ir H Tarlan

Kota Tasikmalaya, SNP - Tasikmalaya direncanakan akan menjadi daerah yang masuk dalam proyek pembangunan dua jalur jalan tol, diantaranya jalan tol Tasikmalaya-Yogyakarta-Solo dan  jalan tol Tasikmalaya-Bandung.

Konon jalan tol Tasikmalaya-Bandung kemungkinan akan mulai dibangun 2019 mendatang. Sementara saat ini jalan tol nasioanal Tasikmalaya-Yogyakarta masih dalam tahap studi kelayakan.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan proses lelang proyek jalan Tol Tasikmalaya-Yogyakarta-Solo dibuka tahun depan. Proyek jalan bebas hambatan ini akan diusulkan masuk ke proyek strategis pemerintah di 2017.

Jalan bebas hambatan ini akan menjadi proyek skala prioritas pemerintah untuk mendukung pengembangan di wilayah Jawa bagian selatan, karena selama ini pembangunan jalan bebas hambatan hanya terkonsentrasi di bagian utara Jawa.

Jika sudah memenuhi kelayakan, pada 2017 jalan tol Tasikmalaya-Yogyakarta diharapkan segera masuk dalam tahap proyek lelang, sehingga ada kemungkinan yang dibangun terlebih dahulu itu jalan tol Tasikmalaya-Yogyakarta.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tasikmalaya, Ir H Tarlan mengatakan, pihaknya memang sudah lama mendengar ada skala prioritas rencana induk tol nasional terkait proyek jalan tol Tasikmalaya-Yogyakarta-Solo, bahkan sudah menjadi topic pembicaraan.

Tetapi sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi resminya, baik secara lisan maupun tulisan. Kalau yang resmi itu baru jalan tol Tasikmalaya-Bandung saja, tapi entah ke depannya mungkin ada lagi informasi terkiat pembangunan tol nasional Tasikmalaya-Yogyakarta-Solo.(Ariska/D.Saepudin)

No comments:

Post a Comment