MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, March 8, 2018

POLRES TANGGAMUS TEMUKAN LADANG GANJA

POLRES TANGGAMUS TEMUKAN LADANG GANJA 

Dandim dan Kapolres Tanggamus ke lokasi ladang ganja

Ladang ganja yang ditemukan
Tanggamus Lampung,Media Suara Nasional-"Kami jelaskan bahwa dari Polres Tanggamus dalam hal ini anggota Polsek Kota Agung, berdasarkan informasi dari warga yang melewati di daerah Gunung Tanggamus ini menemukan pohon yang diduga sejenis ganja, selanjutnya setelah mendapat laporan tersebut anggota Polsek melakukan pemeriksaan TKP kemarin pada tanggal 7 Maret 2018 dan dari hasil pengecekan memang benar disini ditemukan lebih kurang 1000 batang tanaman ganja yang sudah besar maupun yang kecil.

Dari hasil identifikasi kita dikurang 50 batang tinggi diatas 2 m dan 600 batang dibawah 2 m dan ratusan lain masih dalam persemaian dan lebih kurang lokasi 40 kali 40 meter.Saat ini kita sedang melakukan penyelidikan siapa yang melakukan penanaman tersebut.

Saat ini belum ada tersangka karena kita baru mendapatkan ladang penanaman ganja tetapi kita akan melakukan penyelidikan saksi-saksi dan pendalaman.Kalau dilihat dari hasil olah TKP kemarin kita mendapatkan beberapa batang yang sudah kering dan kemungkinan sudah pernah dipanen.

Ini kemungkinan sudah ada satu atau dua kali panen karena sudah ada bekas bekas batang kering dan tanaman yang ada mungkin adalah tanaman kedua.Kita mendapat informasi dari warga yang kebetulan pencari burung dan kita sedang melakukan pendalamanan.

Usia tanaman perkiraan, karena sudah 2 meter ini tanaman diperkirakan sudah berusia 4 bulan atau 5 bulan ada juga beberapa persemaian dan setelah ini kita lakukan pencabutan supaya tidak dimanfaatkan karena medan yang cukup berat jadi kita tidak bisa melakukan pengamanan setiap hari, dan barang bukti akan kita musnahkan.Dari pak Dandim, kerjasama dengan HKTI kita perlu laksanakan, dengan mengumpulkan Gapoktan, saya juga sudah berkata dengan Kapolres mungkin dari sebagian ini ada yang kita laminating dan kita jadikan contoh.

Karena tidak semua orang tau itu tidak mengerti dan faham bagaimana daun ganja.Kalo seandainya sudah ada kita kumpulkan kelompok tani sampaikan apabila kelompok tani ada yang melihat barang seperti ini dilaporkan.Kita juga sudah mengeluarkan call center baik di Polres, Kodim maupun di KPH, Call Center tentang pembalakan hutan, dan juga seperti pohon ganja ini.

Diberitakan kemarin petang dikutip dari media, bahwa kemarin Jajaran Polres Tanggamus dan Polsek Kota Agung menemukan lahan ganja di tanah register yang dikelola perkebunan PT Tanggamus Indah(TI) yang terletak di Dusun Kandis, Pekon/Desa', Kampung Baru, Kota Agung Timur (KAT) Tanggamus Lampung," Rabu (7/3/2018).Ditemukannya sebidang lahan dengan luas 30 x 30 m ditanami ganja, berkat laporan warga yang melapor ke Polres Tanggamus.

Berdasarkan laporan warga tersebut, pihak Polres menerjunkan tim dari Satuan Narkoba, Reserse dan Shabara serta Intelkam.Penyelidikan oleh tim di lokasi, ternyata benar ada sebidang lahan yang dita exnami ganja yang sudah mencapai siap panen dengan jumlah sebanyak 200 batang pohon ganja. (Azhimi)

No comments:

Post a Comment