MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, March 27, 2018

Gencarnya Sektor VII Sosialisasi di Rancamanyar Tegaskan Warga Peduli Sungai Citarum


Gencarnya Sektor VII Sosialisasi di Rancamanyar Tegaskan Warga Peduli Sungai Citarum
Dansektor VII Citarum Harum, Kolonel Kav Purwadi
Kab Bandung,Media Suara Nasional-Dansektor VII Citarum Harum, Kolonel Kav Purwadi, Selasa( 27/3) gelar  Sosialisasi di gedung Aula kantor Desa Rancamanyar kecamatan Baleendah kab Bandung.

Dalam sambutannya beliau menjelaskan maksud dan tujuan kehadiran Prajurit Kodam III Siliwangi yaitu menyadarkan masyarakat dan mendorong untuk tidak membuang sampah ke Sungai Citarum lagi karena itu perbuatan yang tidak baik,merusak ekosistem lingkungan hidup dan terkontaminasinys,sungai citarum dari berbagai limbah industri maupun sampah,sehingga sungai Citarum tidak dapat lagi di konsumsi untuk minum dan mandi karena airnya kotor.

Terlebih Dansektor VII,menemukan dan melihat langsung sebelumnya di daerah pesawahan sungai Citarum terkontaminasi limbah Pabrik dimana air sungai nampak berwarna hitam pekat,terisolir limbah pabrik di buang ke sungai Citarum tanpa diproses terdahulu.

Masih di tempat yang sama Dansubsektor VII sekaligus Babinsa desa Rancamanyar Serda Suprianto menjelaskan ," Tujuan kami melakukan Sosialisasi Citarum Harum yakni guna menyadarkan masyarakat yang selama ini buang sampah ke sungai,tentunya hal ini perbuatan salah karena air sungai akan kotor dan tidak bisa dikonsumsi lagi.

Lalu sasaran yang kami lakukan antara lain penyuluhan-penyuluhan di wilayah kami baik itu penyuluhan formal maupun non formal guna mendorong masyarakat untuk sadar dan ikut serta turun ke lokasi sungai membersihkan sampah yang berada di daerah aliran sungai Citarum kemudian sampah tersebut di pilah menjadi sampah organik dan non organik dimana sampah organik di olah untuk dijadikan kompos dan non organik di bakar atau diberikan ke Bank Sampah," jelasnya.

Kemudian kami menghimbau agar warga sadar dan tidak membuang sampah lagi ke sungai Citarum karena akan ditindak dan diberi sangsi yang tegas oleh satgas penegak hukum," ucapnya.
Gelar Sosialisasi tersebut juga di ahiri dengan seasen tanya jawab dan pemberian sembako bagi warga yang peduli citarum dari Dansektor VII. (Arbim/mzk)

No comments:

Post a Comment