MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Monday, March 5, 2018

DANSEKTOR V SOSIALISASI CITARUM HARUM

DANSEKTOR V SOSIALISASI CITARUM HARUM,PENANGANAN PASCA BANJIR       DI DESA MEKARSARI KEC.CIPARAY
Dansektor V .Kolonel Inf .H Dadang R. Rahadiansyah saat Sosialisasi Citarum Harum di Desa MekarsarI
Kec. Ciparay ,Kab Bandung

Kab Bandung,Media Suara NasionalBertempat di Desa Mekarsari Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung Senin (5/3) Dansektor V ,Kolonel Inf H. Dadang R Rahadiansyah melakukan Giat Sosialisasi Citarum Harum didampingi Budiman  dari Dinas Lingkungan Hidup  Kabupaten Bandung dan  Hj.Tri dari Dinas Kesehatan ,Kepala UPT Yankes  Puskesmas Ciparay .

Dijelaskan Dansektor V," sumber air itu sangat penting,maka jangan sampai air itu tercemar oleh kotoran baik itu limbah sampah dan industri.Semua kita harus bertanggungjawab maka kita harus peduli akan lingkungan hidup terutama dalam memelihara sungai. Disebutkannya juga hampir 80 ribu hektar hutan gundul di pegunungan dan perbukitan gunung Wayang sehingga resapan air tidak berfungsi berdampak terjadinya banjir," ujarnya.

Ada dua daerah yang menghargai sungai yakni Kalimantan dan Jawa Barat,namun herannya di Jawa Barat masih ada yang buang limbah sampah ke sungai seperti kotoran manusia,limbah pabrik dan limbah sawah, seperti pupuk NPK dan urea semuanya hampir mengalir ke sungai Citarum sehingga sungai Citarum sudah tidak bermanfaat lagi," ucap Dansektor V menjelaskan kepada warga yang mengikuti sosialisasi Citarum Harum.

Disayangkan air sudah tidak berfaedah lagi karena ulah manusia sehingga anak cucu kita akan menjadi korban," tegas Dansektor V sambil mengajak warga untuk bersama-sama memelihara air agar anak cucu kita tidak mati kekurangan air.Masih menurut Dansektor V Citarum Harum," kita harus bercermin kepada leluhur kita yang sangat menghargai air ,dimana kala itu air sungai Citarum masih bisa digunakan untuk minum dan mandi tidak seperti sekarang ini dimana manusia sudah tidak menghargai lagi keberadaan air sungai Citarum karena keserakahan demi kepentingan pribadi.

Untuk itu Dansektor V  menegaskan," Ayo kita menjaga sungai Citarum dengan tidak membuang sampah ke sungai dan baik limbah yang lainnya agar sungai Citarum bisa bersih kembali seperti dulu bisa di pakai untuk minum dan mandi tentunya juga air harus bermanfaat dan berfaedah." tambahnya.
Lanjut Dansektor V," rencana kita kedepannya  akan tanam pohon keras dibantaran sungai , agar resapan air bisa normal kembali, pengerukan sungai yang dangkal dan CCTV akan dipasang 8 unit di tempat-tempat anak sungai dan hulu sungai serta jembatan-jembatan,berikut pembuatan jaring apung sungai dan gerobak bak sampah guna mengantisipasi limbah-limbah yang mencemari lingkungan sungai Citarum," pungkasnya. ( Arbim)

No comments:

Post a Comment