MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, March 15, 2018

WARGA GUNAKAN GAS METAN LIMBAH SAMPAH TEROBOSAN BARU DESA BABAKAN KEC CIPARAY

WARGA GUNAKAN GAS METAN LIMBAH SAMPAH TEROBOSAN BARU DESA BABAKAN KEC CIPARAY
Gas Metan dari limbah Sampah

Kab Bandung Media Suara Nasional-Warga desa Babakan kecamatan Ciparay, kini sudah memanpaatkan Gas Metan dari eks TPA yang sudah ditutup pemerintah kabupaten Bandung.

Sampah yang dimanfaatkan menjadi Gas Metan
Tentunya hal ini merupakan terobosan baru dari pemerintah Desa Babakan sekaligus guna mendukung program pemerintah pusat melalui Kodam III Siliwangi terkait program Citarum Harum.
Dimana limbah sampah sudah menjadi fenomena Nasional selama ini, dan yang menjadi korban rusaknya ekosistem lingkungan hidup serta  terkontaminasinya sungai Citarum menjadi kotor.

Menurut Dadang,kades Babakan," Alhamdullilah 40 rumah warga rw 05 sudah memanpaatkan limbah sampah melalui gas metan dan sekarang sedang melakukan pemasangan gas metan di Rw 18.
Inovasi ini merupakan pemikiran kami atas nama pemerintah Desa Babakan yang memanpaatkan eks TPA Babakan,selain itu sekarang kami sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan dan membuat sampah rumahtangga untuk dijadikan gas metan yang sebelumnya dijadikan kompos atau pupuk organik," jelasnya.

Pemikiran inovasi ini awalnya kami coba-coba namun setelah keliatan hasilnya cukup memuaskan,maka kami langsung memberikan arahan kepada warga,untuk memanpaatkan dan menggunakan sampah rumahtangga menjadi gas metan yang bisa dipakai alat sarana memasak.
Masih menurut Dadang, sampah yang dijadikan gas metan juga sangat membantu program pemerintah tidak membuang sampah sembarangan apalagi membuang limbah sampah rumahtangga ke sungai.

Terobosan ini juga merupakan langkah kami agar masyarakat tahu dan mengerti manpaat sampah sekaligus menjadi program unggulan desa Babakan dalam pencangan Hari Sampah Nasional," ujar Dadang mengakhiri perbincangannya. ( Arbim)

No comments:

Post a Comment