MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, June 29, 2018

Hasil Quick Count Versi JSI, Era Baru dan Sahcenter: Tahajud dan Sabar Menang


Palu,Media Suara Nasional- Berikut adalah hasil hitung cepat pelaksanaan Pilkada 2018 di wilayah Sulteng :

HASIL HITUNG CEPAT PILKADA 2018:
Morowali Versi Sahcenter: Taslim-H Najamuddin 11.986 (40,17), Sarifudin-Hafid-Chaerudin Zen 9.671 (32,41), Ambo Dalle-Aminudin Awaludin 5.833 (19,55), Silahudin Karim-Firdaus 1.354 (4,54), Haris Nunu-Ismail Suaib 992 (3,32)

Parigi Moutong Versi Erabaru: Syamsurizal-Badrun Nggai 81.833 (48,79), Amrullah Almahdali-Hj Yufni 50.950 (30,37), Erwin Burase-Rahmahwati 34.958 (20,84)

Sulteng - Hasil quick count versi Jaringan Suara Indonesia (JSI) pada Pilkada Kabupaten Morowali, memenangkan pasangan Taslim-H Najamuddin (Tahajud) dengan perolehan suara 36,65% dari 90% suara sah yang masuk, minus Kecamatan Manui Kepulauan.

Tahajud menguasai hampir seluruh kecamatan di Morowali. Pasangan yang diusung Partai Nasdem, Golkar, PKS, Hanura PPP berada jauh di atas pasangan Sarifuddin Hafid-Chaerudin Zen (SAH) yang hanya meraih suara 28,14%. 

Pasangan Sarifudin-Hafid-Chaerudin Zen diusung (Demokrat-PAN) 28,14%, Ambo Dalle-Aminudin Awaludin (Gerindra, PDIP dan PBB) 23,59%, Silahudin Karim-Firdaus 3,96%, dan Haris Nunu-Ismail Suaib 7,66%.

Direktur Riset JSI, Rudi Ruswandi, dihadapan awak media Rabu 27 Juni 2018 mengatakan, hasil quick count masih 90% karena kondisi geografis, seperti di Menui Kepualauan yang telat sekitar dua jam memasukkan data.

Data yang dambil secara acak pada 220 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 252 TPS dengan sampling error plus minus 1 persen. Rudi belum mau mengeluarkan perolehan suara. 

“Kami tidak bisa menyampaikan jumlah suaranya karena sampel. Bisa jadi ada klaim kandidat lain menang. Analisis harus utuh perzona,” kata Rudi.

Selain JLI, hasil sementara hitung cepat versi sahcenter.com juga memenangkan pasangan Tahajud. Di sini Tahajud meraih 11.986 suara atau 40,17 persen, urutan kedua pasangan Sarifudin-Hafid-Chaerudin Zen dengan 9.671 suara atau 32,41 persen, pasangan Ambo Dalle-Aminudin Awaludin 5.833 suara atau 19,55 persen, posisi keeempat Silahudin Karim-Firdaus 1.354 suara atau 4,54 persen, di tempat terakhir pasangan Haris Nunu-Ismail Suaib 992 suara atau 3,32 persen.

Ketua Tim Koalisi Pemanangan  Tahajud, Kuswandi membenarkan bahwa dari hitungan cepat memenangkan  pasangan Tahajud. Tahajud telah unggul pada 212 TPS dari total 250 TPS yang ada.

Kuswandi berterimakasih kepada pasangan yang lain, bersama semua timnya karena pelaksanan Pilkada berjalan baik, dan mereka menjaga rasa sportivitas berpolitik. 

"Melihat hasil hitungan itu, Tahajud boleh dibilang sudah unggul,meski ada 40 TPS lagi yang belum masuk. Kita semua bersyukur Pilkada Morowali berjalan damai dan terkendali," ujar Kuswandi yang juga Ketua DPD Partai NasDem Morowali.

Setelah mengetahui unggul, pendukung maupun simpatisan pasangan Tahajud langsung meluapkan kegembiraannya dan  mendatangi setiap posko pemenangan dan mengucapkan selamat kepada pasangan.

Pilkada Morowali 2018, diikuti 5 pasangan, Taslim-Najamudin, Ambo Dalle-Aminuddin Awaludin, Sarifudin Hafid-Chaerudin Zen dari usungan partai politik. Dua pasangan perseorangan yaitu Silahudin Karim -Firdaus dan Haris Nunu-Ismail Suaib.

Di Parimo, hasil quick count versi Era Baru pada Pilkada Parigi Moutong (Parimo), pasangan nomor urut 1 Syamsurizal Tombolotutu-Badrun Nggai (Sabar) unggul sementara. Sabar memperoleh 81.833 suara atau 48,79 persen dari suara yang masuk.

Posisi kedua ditempati nomor urut 3 pasangan Amrullah Almahdali- Hj Yufni Bungkudapu (Amin) dengan raihan suara 50.950 atau 30,37 persen, dan posisi ketiga ditempati pasangan nomor 2, Erwin Burase-Rahmahwati (Era Baru) dengan memperoleh suara 34.958 atau 20,84 persen.

Menanggapi hasil quick count itu, Calon Bupati Parimo nomor urut 2, Erwin Burase mengatakan, pihaknya masih menunggu penghitungan sampai 100 persen dari hasil perhitungan. 

“Untuk sementara ini paslon Sabar masih berada di peringkat teratas, serta urutan kedua paslon Amin dan kami sendiri Era Baru berada di peringkat ke tiga dari hasil hitungan sementara tim mereka,” katanya kepada Metrosulawesi, Rabu 27 Juni.

Apapun hasil Pilkada katanya Erwin, pihaknya legowo menerima. 

"Untuk hasilnya nanti kami akan menerima apapun keputusannya, Kalau seandainya ada sala satu paslon ini menang, kita akan mengucapkan selamat pada kandidat yang menang itu,” ungkap Erwin.

Terkait kemungkinan menempu upaya hukum, Erwin mengatakan, pihaknya masih menunggu laporan dari tim di lapangan. Hingga saat ini katanya, belum ada laporan dari tim mereka.

"Dan apabila ada temuan tim di lapangan pihaknya akan melakukan rapat tim terlebih dahulu baru itu kita akan melakukan penyampaian resmi. Yang intinya secara umum apapun hasilnya. Karena dari kami yang mana quick count ini milik kami, kami menerimanya dengan legowo serta memberi selamat pada yang menang," terang Erwin. 

Di Pilkada Parimo terdapat tiga peserta Pilkada, yakni: pasagan Samsurizal Tombolotutu-Badrun Nggai (Sabar) diusung oleh enam partai politik yakni Partai Gerindra, PAN, PBB, PKS, PDIP dan PPP. Selanjutnya pasangan Erwin Burase-Rahmawati M Nur yang diusung oleh Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa, dan terakhir pasangan H Amrullah Almahdali-Hj Yufni yang diusung partai Demokrat dan Hanura( mery )

No comments:

Post a Comment