MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Sunday, June 24, 2018

Kapolri Diminta Tindak Tegas Oknum Anggota Polri yang Melakukan Tindak Kekerasan & Mengintimidasi Wartawan di Palu

Ketua AJI Sulteng, Muhammad Iqbal resmi melapor ke Propam Polda Sulteng terkait kasus penganiayaan dan intimidasi terhadap wartawan yang dilakukan oleh oknum anggota Polri, Satuan Polsek Palu Timur
Palu,Media Suara Nasonal – Perbuatan Yang Tidak Pantas yang di Alami Seorang Jurnalis di Kota Palu Berbuntut Panjang, Muhammad Ikbal,Pimpinan Redaksi Radar TV yang Juga Ketua AJI Kota Palu Akhirnya Menempuh Jalur hukum dengan Melapor Ke Propam Polda Sulteng.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu Muhammad Iqbal melaporkan Ipda Pirade (Kanit Binmas Polsek Palu Timur) dan beberapa anggota polsek yang terlibat dalam razia di depan pura Jalan Jabal Nur, Sabtu malam, 23 Juni 2018.

Dalam Laporan Polisi bernomor STPL: 65/VI/2018 diterima Bripka Rudy Labato, pukul 01:30 Wita.
 
Kejadian bermula sekitat pukul 21:00 Wita, Iqbal sedang mengendarai sepeda motor menuju rumah sepulang dari Graha Pena, Jalan Yos Sudarso.

Iqbal dimintai surat-surat kendaraannya. Iqbal mengaku tidak membawa surat tanda nomor kendaraan (STNK) karena terbawa dalam tas di dalam mobil yang dibawa istrinya lebih dulu pulang ke rumah.

Iqbal sudah mengiyakan sepeda motornya dibawa ke Polsek Palu Timur sambil menelpon rekan kantornya untuk menjemput untuk pulang mengambil STNK di rumahnya.

Namun, saat menunggu jemputan Iqbal justru mendapat tindakan tindak menyenangkan berupa kata-kata kasar dan menyebut “wartawan kemarin sore”. Iqbal bahkan ditantang untuk melapor ke orang paling tinggi.

“Silakan kau lapor ke orang paling tinggi,” kata Iqbal menirukan ucapan polisi yang diketahui bernama Ipda Pirade, Kanit Binmas Polsek Palu Timur.
Bukan hanya di maki dengan kata-kata kasar,Iqbal mengaku ditarik di leher baju, diseret dicekik dan diancam dipukul ke tempat agak gelap. Salah satu polisi berpakaian preman sempat melerai.

Sampai hendak meninggalkan tempat razia pun, Iqbal masih diteriaki, “dasar wartawan sore”.

Proses pemeriksaan (BAP) di Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sulteng sejak tengah malam hingga menjelang Minggu subuh.Sejumlah jurnalis tetap bertahan di Mapolda Sulteng menunggu BAP selesai.(nila)

No comments:

Post a Comment