MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Sunday, June 3, 2018

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Tinjau Program Padat Karya Desa Bumiwangi

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,Eko Putro Sandjojo B.S.E.E, M.B.A ( baju putih tengah )

Kab Bandung,Media Suara Nasional- Bertempat di kaki Gunung bukit Cula desa Bumiwangi kecamatan Ciparay kabupaten Bandung,Minggu(3/6) Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,Eko Putro Sandjojo B.S.E.E, M.B,A melakukan kunjungan kerja dalam acara peninjauan Program Padat Karya Tunai.

Dalam kesempatannya, Eko menjelaskan saat di wawancara MSN" di harapkan desa Bumiwangi dapat meningkatkan dan mengembangkan Bumdes-nya karena saya yakin desa Bumiwangi akan lebih maju bila melihat sumber alamnya yang berpotensi serta dibarengi dengan sumber daya manusianya yang kreatif dan inovatif serta berkemauan untuk merubah pola hidup,"ujarnya.
Bumdes harus di kembangkan,dan saya mendukung inisiatif masyarakat desa Bumiwangi untuk pengembangan daerah desa wisata,untuk itu mari kita berlomba terlebih desa Bumiwangi potensi sekali dalam Destinasi pengembangan desa Wisata,bila melihat fakta yang ada,"jelas Eko.
  
Ditempat yang sama kepala Desa Bumiwangi,Drs Rudiya mengatakan,"Selain digunakan untuk pembangunan infrastruktur, dana desa dapat juga dimanfaatkan untuk melakukan konservasi alam. Dengan demikian diharapkan terjadi kelestarian alam untuk menunjang kebutuhan pangan masyarakat, dan mendukung peningkatan perekonomian melalui desa wisata.

Sasaran utama kami adalah untuk konservasi alam. Karena kami dari kakek hingga cucu hidup dari ladang Bukit Cula," ujar Kepala Desa Bumiwangi, Rudi, saat acara Peninjauan Program Padat Karya Tunai oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, di Desa Bumiwangi,kecamatan Ciparay.
  
Dijelaskan Rudi, konservasi alam tersebut dilakukan mengingat keberadaan Bukit Cula yang kondisinya mulai terancam. Menurutnya sudah tidak ada aktifitas produktif di bukit tersebut.Kami berkepentingan untuk mengobati Bukit Cula yang sedang sakit," jelasnya

Dirinya meyakini bahwa konservasi alam di wilayah desa Bumiwangi tersebut dapat menjadi pendukung pengembangan desa wisata. Yang meliputi area bumi perkemahan, persemaian, ekologi, seni budaya, dan outbond."Ada desa wisata edukasi, embung, dan wisata minimalis yang kita kembangkan nantinya disini," pungkasnya ( Bang Arbim)

No comments:

Post a Comment