MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, June 6, 2018

Pola Giring Sampah Sungai Citarum Menjadi Dollar Langkah Inovasi Dansektor VI Guna Wujudkan Program Citarum Harum

Kab Bandung,Media Suara Nasional-Dansektor VI Citarum Harum,Kolonel Inf Yudhi beserta para Satgas Kodam III Siliwangi ,membuat gebrakan baru terkait program Citarum Harum yang selama ini menjadi ikon berita Nasional. Guna memaksimalkan kinerja dan memulihkan daerah aliran sunga Citarum dari lautan sampah,baru-baru ini Kolonel Yudhi,merangkul para pemulung untuk di bina menjadi pemulung tenaga profesional dengan hasil yang cukup menjanjikan,serta membantu program pemerintah dalam upaya normalisasi sungai Citarum yang disebut salah satu sungai terkotor di dunia. Inovasi Dansektor VI ini tentunya juga mendapat sambutan baik bagi warga setempat yang hidupnya kerja serabutan dengan penghasilan yang tidak menentu.

Berdasarkan pengamatan Jurnalist Citarum Harum yang tergabung dalam Jurnalist Peduli Citarum Harum( JPCH) dibawah garis komando Setio SH selaku ketua umum JPCH sekaligus pemilik Harian Umum Media Suara Nasional, menyebutkan Kolonel Inf Yudhi sang Inovator telah merubah medset masyarakat untuk.mencintai dan menyayangi lingkungan hidup ekosistem air dengan pola Giring Sampah Sungai menjadi Dollar.


Tentunya hal ini merupakan langkah dan terobosan Kolonel Inf Yudhi dalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang baik dan benar guna memulihkan sungai Citarum,di mana para pemulung dapat memghasilkan Dollar dengan cara mengambil sampah di DAS Citarum sektor VI sekaligus menyadarkan masyarakat akan arti penting  hidup bersih dengan merawat sungai Citarum untuk dijadikan sahabat yang menghasilkan pundi-pundi uang guna peningkatan mutu ekonomi dalam mensejahterakan kehidupan keluarganya.

Tak tanggung-tanggung Sosialisasi merakyat yang dilakukan Kolonel Yudhi untuk memulihkan sungai Citarum dari lautan Sampah,beliau hibahkan beberapa perahu untuk di pakai warga guna mempasilitasi pengambilan sampah di DAS Citarum di bantu para Satgasnya yang setiap hari menjadi pemandangan Indah.

Selain itu Kolonel Yudhi terus berusaha memancing warga untuk.mencintai sungai Citarum dengan program Sareundeuk Saigel( Hidup bersama dalam penataan/pemeliharaan sungai Citarum) antara Rakyat dan maung-maung Siliwangi dengan Mancing Mania Gratis.

Sareundeuk Saigel ini bertujuan agar masyarakat punya kepedulian dan rasa memiliki sungai Citarum dengan cara memancing ikan sehingga masyarakat merasa sadar akan arti ekosistem air dimana didalamnya terdapat kehidupan ikan yang perlu di berdayakan agar masyarakat bisa menikmati sekaligus menjaga dan mengawasi serta mencegah dari para pelaku pencemar lingkungan yang akan membunuh ikan-ikan dan habitatnya di sungai Citarum bila dikotori oleh racun-racun limbah Pabrik setelah para Satgas Citarum.Harum meninggalkan tugasnya untuk kembali ke kesatuannya masing-masing setelah tugas kenegaraannya selesai yaitu mensukseskan program Citarum Harum sesuai amanat presiden Jokowi.


Akhir kata penulis mengucapkan Bravo TNI Kodam III Siliwangi,Bravo Dansektor VI,Bravo Rakyat Siliwangi semoga apa yang diharapkan sungai Citarum menjadi bersih dan tidak tercemari sampah serta limbah pabrik dapat segera terwujud...Amiin !!!...penulis ( Bang Arbim)

No comments:

Post a Comment