MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, March 2, 2018

KEGIATAN KOORDINASI KERJA ,DANSEKTOR III DENGAN PARA KADES WIL SEKTOR III BAHAS CITARUM HARUM TERKAIT SAMPAH

Koordinasi DANSEKTOR III dengan para KADES WIL SEKTOR III Bahas Citarum Harum
KEGIATAN  KOORDINASI KERJA ,DANSEKTOR III DENGAN PARA KADES WIL SEKTOR III BAHAS CITARUM HARUM TERKAIT SAMPAH

Kab.Bandung,Media Suara Nasional

Bertempat di Posko III Citarum Harum, Kamis (1/3) Komandan Sektor III Citarum Harum,Kolonel Inf Erda Bachtiar dengan empat kepala Desa dan dua perwakilan kepala Desa Maruyung dan Desa Cipejeuh yang berhalangan hadir, kecamatan Pacet kabupaten Bandung, yang wilayahnya berada di bantaran Sungai Citarum melakukan rapat Koordinasi kerja guna mensukseskan program pemerintah pusat guna membersihkan  limbah Sampah yang mencemari dan mengotori Sungai Citarum.
Dalam rapat Koordinasi tersebut,dasarnya para kepala desa mengeluhkan permasalahan  tempat pembuangan sampah akhir yang sampai saat ini belum bisa dipecahkan.

Dikatakan para kepala Desa," sebenarnya program kerja terkait permasalahan sampah sudah dilaksanakan sebelum ada program Citarum Harum dengan giat Jumat Bersih ( Jumsih) .
Selain itu juga dibahas terkait lingkungan hidup lahan penghijauan di perbukitan dimana Pihak Perhutani harus dilibatkan karena masih ada oknum-oknum yang merusak lingkungan hidup lahan Hijau, sehingga berakibat gunung dan perbukitan gundul karena alih pungsi Hutan  jadi lahan pertanian sayuran dampaknya terjadi erosi tanah karena tanaman keras sudah tidak bisa menyerap air hujan  menimbulkan bencana banjir dan longsor," ujar para kepala Desa.

Menyikapi keluhan para kepala Desa Kolonel Inf Erda Bachtiar mengatakan,"
Terkait permasalahan tempat limbah sampah yang menjadi keluhan para kepala Desa, solusinya, kita membuat bak sampah organik dan non organik di rumah-rumah penduduk selanjutnya limbah non organik diserahkan ke Bank Sampah yang dibentuk oleh Bumdes dan sampah organiknya supaya dibakar ditempat agar tidak di buang ke sungai Citarum,"jelasnya.

Lalu mengenai lahan Perhutani dan perorangan yang sudah menjadi lahan pertanian sayuran,saya akan berkordinasi dengan Pangdam III Siliwangi dan akan segera diatasi , berharap juga para petani harus siap-siap alih profesi guna menyikapi hutan gundul karena tumpangsarinya salah," tambahnya.
Menurutnya juga tanaman keras di tanam dilahan tersebut tidak akan merugikan penghasilan petani diantaranya menanam pohon alpuket,kopi,cengkeh,pohon kawung, akan menunjang dan membantu perekonomian dan kesejahtraan petani disamping tanaman keras tersebut akan membantu menyerap air dan hutan tidak akan gundul juga.

Masih menurut Erda," saya akan memasang CCTV ditempat-tempat rawan pembuangan sampah, dan selanjutnya kita akan ambil sikap tegas dan tindakan agar menjadi efek jera,  bagi para pelaku pembuang sampah yang terekam CCTV ," pungkas ,Erda menegaskan. ( Arbim)

No comments:

Post a Comment