MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, October 27, 2016

Bupati Tuba, PPL Pertanian Diminta Mendampingi Para Petani



Tulang bawang, SNP - Bupati Tulang Bawang Hanan A Razak meminta para PPL dan penyuluh selalu hadir di tengah-tengah para petani agar hasil produktivitas pertanian maksimal.

Hal tersebut dikatakan Hanan saat mengadakan temu teknis penyuluhan pertanian evaluasi tanam padi musim tanam gaduh tahun 2016 dan musim tanam rendeng tahun 2016/2017, Rabu (5/10/2016) kemarin.

"Saya minta PPL agar dapat selalu hadir dan dapat bersosialisasi dengan petani, jangan tinggalkan petani, ini pesan saya," tegas Hanan.

Penyuluh harus hadir setiap waktu mendampingi petani, lakukan pendekatan-pendekatan ke petani. Kalau perlu datang ke rumah-rumah dan berikan program yang baik tentang pemahaman tentang pola bercocok tanam yang baik dan benar.

“Dinas harus menata kembali semua petugas lapangan tani harus dihidupkan kembali, lahan dari cetak sawah harus dimanfaatkan dengan baik oleh petani melalui para PPL," ujarnya.

Hanan kembali menegaskan petugas penyuluh lapangan wajib berada di lapangan baik yang berstatus PNS maupun tenaga kontrak. Penyuluh harus hadir mendampingi semua kelompok tani. "Bantu petani tentang bagaimana cara bercocok tanam yang benar. Kalau ini dilakukan maka pembangunan bidang pertanian akan berjalan baik," ujar Hanan.

"Saya paham dengan pertanian, saya juga adalah bagian dari pertanian, jika di Tulangbawang hasil pertanian jelek saya juga malu, jadi terus lakukan koordinasi yang baik untuk seluruh PPL agar terus membantu meningkatkan hasil pertanian Tulangbawang agar target provinsi 1 juta ton dapat tercapai," ujarnya.

Hanan juga mengatakan terkait dengan seluruh sektor pertanian, akan dirombak seluruhnya mulai dari atas hingga bawah, ini untuk mewujudkan sektor pertanian yang lebih baik lagi.

Sementara itu, Kepala BP4K Ahmad Sukur mengatakan dalam temu tersebut, dia bersama para penyuluh siap menyukseskan program 1 juta ton target gabah provinsi, dengan cara memberikan penyuluhan melalui program terbaik demi meningkatnya produksi padi di Tulangbawang.

Acara temu tersebut dihadiri Bupati Tulangbawang Hanan A Razak, Kodim 0426, Kepala BP4K Ahmad Sukur, dan para pejabat eselon II dan eselon III, dan seluruh PPL yang berjumblah 105 yang ada di tulang bawang. (Buhori)

No comments:

Post a Comment