MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, October 25, 2016

Ribuan Santri Sukabumi Meriahkan Hari Santri Nasional



Kab. Sukabumi, SNP - Puluhan ribu santri dari beberapa kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, melaksanakan upacara Hari Santri Nasional di Lapang Sepakbola Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Sabtu (22/10/2016.

Pantauan di lapangan, para santri tampak antusias mengikuti upacara, terlebih saat menyanyikan lagu Suhada Kemerdekaan, Subbanul Wathon, Bangun Pemudi Pemuda dan Mars NU yang penuh dengan semangat patriotisme. Selain nyanyian acara tersebut diisi juga dengan tampilan tarian Kollosal Yaspida, dan tarian Saman dari Pondok Pesantren (Pontren) Al-Masturiyah, serta pertunjukan drum band dari Yaspida.

Berlian (13), santri dari Yayasan Sosial Pendidikan Islam Salafi terpadu Darusyifa AL-Fitroh (Yaspida) Parungseah, Kadudampit, mengaku baru tahun ini dirinya ikut tim upacara peringatan hari Santri Nasional. "Saya senang mengikuti upacara peringatan hari Santri Nasional dan bisa ketemu dengan teman-teman santri lain meski tidak kenal satu-satu," kata Berlian.

Dia menuturkan, ternyata banyak santri yang datang dari beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Sukabumi, bahkan jumlahnya pun sangat banyak.

"Saya merasa semakin senang telah menjadi santri ketika melihat ribuan santri lain datang juga ke Lapang Sekarwangi, Cibadak ini," ungkapnya.

Upacara Hari Santri Nasional diselenggarakan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sukabumi. Upacara ini dihadiri kurang lebih 10 ribu peserta santri  dari berbagai pontren. 

Dalam peringatan hari Santri Nasional ini, diwarnai juga dengan pemberian santunan kepada 500 anak yatim, dan diakhiri dengan penandatanganan deklarasi laskar anti narkoba muslimat NU oleh Bupati Sukabumi H Marwan Hamami, Wakil Bupati Adjo Sardjono, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Agus Mulyadi, Sekda Iyos Simantri, Ketua PC NU Kabupaten Sukabumi dan para undangan lainnya.

Hari Santri Nasional tidak hanya untuk mengenang perjuangan para santri saat melawan penjajah, tapi juga untuk mengingatkan kembali untuk meraih kemerdekaan sangatlah berat. (NS)

No comments:

Post a Comment