MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, October 25, 2016

Pemkab Sukabumi Bakal Bangun TPA Cicalobak di Cikidang


Kabid  Kebersihan dan Pertamanan Sukabumi, Rasyad Muhara bersama Tim

Kab. Sukabumi, SNP - Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus mendorong percepatan pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah Cicalobak, di Kecamatan Cikidang. Kepala Dinas Tata Ruang Pemukiman dan Kebersihan Kabupaten Sukabumi,  Ade Setiawan, melalui Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan, Rasyad Muhara, mengatakan saat ini tahapan pembangunan masih dalam perencanaan dan persiapan.

TPA Cicalobak terletak di wilayah administrasi Kecamatan Cikidang. Yaitu di Kampung Cicalobak, Desa Cijambe. Rasyad mengaku saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan dan perencanaan terhadap pembangunan TPA Cicalobak yang diperkirakan akan menelan biaya sekitar Rp35 miliar. 

Diprediksi, TPA Cicalobak akan melayani beberapa wilayah kecamatan dibagian utara Sukabumi yakni Cicurug, Parungkuda, Cibadak, Cisaat, Sukaraja, Palabuhanratu dan sekitarnya.

"TPA Cicalobak akan dibangun di atas lahan seluas 15 hektar, dan akan cukup menampung pemrosesan sampah selama 15 tahun lebih," kata Rasyad seusai sosialisasi rencana pembangunan TPA di Kantor Kecamatan Cikidang, Rabu (19/10/2016).

Ia menerangkan, sebelum sampah di bawa ke TPA Cicalobak, terlebih dulu ada proses daur ulang. Di mana proses daur ulang itu dilakukan melalui bank sampah di tingkat RT dan desa. Saat ini, baru sekitar 35 bank sampah yang sudah terbentuk di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi. Jumlah itu masih jauh dari yang ditargetkan sekitar 400 bank sampah.

"Melalui bank sampah ini sebisa mungkin mendaur ulang sampah organik dan non organik dengan proses pemilihan. Jadi nantinya hanya sisa makanan saja yang akan dibuang ke TPA," ungkapnya.

Selanjutnya, tutur Rasyad, untuk menghindari bau, dalam konsep pembangunan TPA Cicalobak akan ditutup setiap hari secara saniterilanfiel, yaitu cekungan yang dilapisi oleh lapisan kedap air geotektil di bawahnya terdapat saluran air limbah yang dialirkan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) untuk menghindari pencemaran air.

Selain itu, tambahnya, ada proses lain dengan gas yang dihasilkan oleh TPA itu. Nantinya akan ada pipa gas yang akan disalurkan untuk dijadikan bahan bakar.

Kami menargetkan pembangunan TPA Cicalobak ini akan terealisasi tahun 2018 nanti. Sejauh ini baru dalam proses perbaikan infrastruktur,tuturnya. (NS)

No comments:

Post a Comment