MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, October 25, 2016

Pemkab Sukabumi Bersiap Bangun RS Sagaranten


Buapti Sukabumi H. Marwan Hamami

Kab. Sukabumi, SNP - Pemerintah Kabupaten Sukabumi rencananya akan membangun sebuah rumah sakit di Kecamatan Sagaranten. Rumah sakit itu untuk melayani masyarakat di wilayah selatan Sukabumi, setelah RSUD Jampang Kulon diserahkan pengelolaannya ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, kehadiran rumah sakit di pelosok untuk mendukung program percepatan pelayanan kesehatan masyarakat. Hal itu juga sesuai dengan keinginan Pemprov Jabar di wilayah selatan Sukabumi perlu dibangun rumah sakit pendukung lintas Jabar Selatan.

"RSUD Jampang Kulon sekarang sudah dikelola sama provinsi. Sebagai gantinya kita bangun di Sagaranten untuk mendukung program pemprov dalam percepatan pelayanan kesehatan masyarakat di jalur lintas Jabar Selatan," ujar Marwan, Jumat (21/10/2016).

Pemerataan pelayanan kesehatan di wilayah selatan Sukabumi (Pajampangan) mutlak diperlukan. Mengingat di wilayah Pajampangan terdapat kawasan wisata Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Sehingga kehadiran rumah sakit di sepanjang jalur akan mampu menunjang pengembangan kawasan destinasi wisata atau taman alam bebatuan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. 

"Kalau nanti butuh rujukan dari RS atau puskesmas tipe D bisa langsung ke RS Jampang Kulon. Banyak juga wisatawan yang masuk kawasan geopark lewat jalur Sagaranten. Jadi, kehadiran RS Sagaranten punya peran penting dalam pengembangan wisata Geopark Ciletuh-Palabuhanratu," ungkap Marwan.

Rencananya RS Sagaranten akan dibangun di atas lahan seluas 4 hektare dan dimulai pada 2017 mendatang. 

"Sekarang sudah masuk tahap penataan dan penyiapan lahan. Insya Allah tahun depan pembangunannya akan terlaksana," ujarnya. (NS)

No comments:

Post a Comment