MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Sunday, October 30, 2016

Personel Penerangan TNI Harus Optimalkan Kecerdasan Bermedia



Kapuspen TNI Brigjen TNI Wuryanto
Jakarta - Personel penerangan harus mampu mengoptimalkan kecerdasan bermedia (media literacy) yaitu suatu kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi dan menghasilkan komunikasi dalam berbagai bentuk melalui media dalam rangka menghadapi transformasi media.

Demikian disampaikan Kapuspen TNI Brigjen TNI Wuryanto pada upacara serah terima jabatan Kabidum (Kepala Bidang Umum), Kabidpen Inter (Kepala Bidang Penerangan Internasional) dan Kabid Infonet (Kepala Bidang Informasi Internet) Puspen TNI di Gedung I gusti Ngurah Rai Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (28/10/2016).

Lebih lanjut Kapuspen TNI Brigjen TNI Wuryanto menyampaikan bahwa, dalam menghadapi transformasi media, personel penerangan harus mampu bersinergi dengan media massa agar dapat berperan membangun kecerdasan bagi generasi bangsa, dan sebagai pelayan informasi publik harus mampu membangun komunikasi dan relasi dengan media massa.

“Para pejabat penerangan saat ini telah memiliki kualitas berkomunikasi dengan publik, namun perlu diperhatikan prinsip-prinsip, etika dan estetika dalam penyampaian informasi, sehingga pesan yang akan ditransformasikan dapat secara tepat dan benar dipahami masyarakat dalam membangun komunikasi, relasi dan menjaga keharmonisan dengan media massa yang penting adalah mampu meletakan fungsi-fungsi dasar dari setiap kelembagaan, baik fungsi media massa maupun lembaga pemerintahan,” ujar Brigjen TNI Wuryanto melelui siaran persnya.

Dalam kesempatan tersebut, Brigjen TNI Wuryanto juga menyampaikan bahwa masyarakat sangat antusias terhadap informasi dan hal-hal yang tidak biasa sehingga sering terdengar istilah bad news is a good news.

“Untuk memudahkan pemecahan adanya istilah bad news is a good news, yang harus kita lakukan antara lain adalah menyampaikan kebenaran dan fakta, jujur dan terbuka, meralat dan meluruskan jika ada kesalahan serta menyediakan bahan informasi yang diminta,” katanya.

Adapun pejabat Puspen TNI yang diserahterimakan yaitu Kabidum dari Kolonel Sus Drs. Bintang Yudianta kepada Kolonel Inf Bernardus Robert, Kabidpen Inter dari Kolonel Laut (P) Sultan Djanieb, SH, M.Si (Han) kepada Letkol Laut (KH) Drs. Edys Riyanto, M.Si, dan Kabid Infonet dari Kolonel Inf Bernardus Robert kepada Kolonel Sus Dra. Lisa MT, M.Si. (Lucky/Puspen TNI)

No comments:

Post a Comment