MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Monday, October 31, 2016

Pilkada Serentak 2017, Polisi Siaga I



Foto: Irjen Pol Boy Rafli Amar (Dok/net)

SNP, Jakarta - Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar membenarkan kepolisian telah mengeluarkan surat perintah siaga I untuk personel Brigade Mobil dalam hal mengawal proses pilkada serentak 2017. Dengan begitu, semua personil Brimob siap diterjunkan apabila dibutuhkan.

"Sebenarnya itu surat internal Brimob, dari pimpinan ke bawahan," ujar Boy saat dicegat awak media di kompleks Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Sabtu, 29 Oktober 2016. 

Dalam surat yang beredar di kalangan awak media, tertulis bahwa status siaga I itu berlaku mulai Jumat, 28 Oktober 2016. Tidak tertulis urgensinya apa, hanya dicantumkan bahwa penerapan status siaga I ini untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di seluruh Indonesia. 

Boy melanjutkan, bahwa tidak ada urgensi khusus dalam penerapan status siaga I. Sifatnya, katanya, hanya sebagai antisipasi akan gangguan yang bisa muncul. Lagi pula, penerapan status siaga I ini wajar dilakukan di masa kampanye pilkada. 

"Lagi pula, bisa saya katakan bahwa Indonesia saat ini masih dalam kondisi aman terkendali. Namun, personel kepolisian juga harus tetap siap," ujarnya. 

Apakah siaga I ini juga akan berlaku untuk unit kepolisian lainnya? Boy tidak membantahnya. Ia beranggapan kemungkinan jumlah anggota Brimob yang tersedia tidak akan mencukupi. "Situasi masih harus dipantau," ujarnya mengakhiri. (KND)

No comments:

Post a Comment