MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, October 26, 2016

Disdik Kota Adakan Pelatihan Jurnalistik Siswa SMA/SMK


Pelatihan-jurnalistik-SMA-SMK (dok/net)

Bekasi, SNP - Dinas pendidikan (Disdik) Kota Bekasi mengadakan pelatihan jurnalistik bagi siswa SMA/SMK se-Kota Kab Bekasi dibale Arimbi Hotel Convention Cibogor II, Bogor Jawa Barat. Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari guna meningkatkan pehaman siswa dalam penulisan karya jurnalistik.

Menurut Kepala seksi Kesiswaan Pendidikan Menengah Disdik Kota Bekasi Triyani Emi Suswati,jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 80 siswa SMA/SMK dari sekolah negeri maupun swasta. Dengan perincian 11 orang mewakili siswa SMK Negeri,18 orang mewakili SMA Negeri dan 11 orang siswa sekolah swasta. Menurutnya siswa peserta pelatihan masing masing 2 orang mewakili sekolahan nya. Mereka mendapat pelatihan mulai Rabu-Jumat (5-7) oktober 2016. Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Disdik Kota Bekasi Alexander Zulkarnain.

Triyani selaku pejabat pelkasanaan teknis kegiatan (PPTK) menyebutkan,pada hari pertama para siswa diberi materi tahapan kerja dalam peliputan berita pada majalah pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. Kemudian dilanjutkan dengan tahapan kerja dalam peliputan dalam berita pada media online program siaran radio, teknik reportase dan penulisan naskah berita berita radio,teknik wawancara dan komunikasi dalam penyiaran, majalah suara siswa dan pendistribusiannya. 

Pada hari kedua, Kamis(6/10),materi yang disampaikan mengenai struktur organisasi stasiun televisi beserta fungsinya. Dilanjutkan dengan tahapan kerja program berita liputan dalam Bekasi News 3, jurnalis Muda, teoristik dan jurnalistik praktis serta pelatihan penulisan berita siap cetak. Sedangkan hari ketiga hanya diisi dengan diskusi dan penutupan. 

Menurut Triyani,yang menjadi pembicara dalam pelatihan tersebut adalah pihak Humas Pemkot Bekasi, Radio Dakta FM, Guntara (ketua FJMKB), Bekasi TV persatuan Wartawan Indonesib(PWI) Bekasi dan hak Asosiasi Jurnalistik Indonesia (AJI) 

"Kegiatan pelatihan ini kami lakukan seyiap tahun untuk menggali kompetensi para siswa untuk menuangkan ide ide melalui tulisan pelatihan ini huga sebagai wadah komunkasi antar siswa," ujar Triyani sambil menyebutkan, para siswa yang menjadi peserta juga diberi uang saku dan seragam jaket. 

Triyani berharap, melalui kegiatan ini para siswa aktif dalam mengembangkan kemampuan menulis terutama menyangkut budang pendidikan di Kota Bekasi. Kemudian, isi konten majalah bisa menginformasikan prestasi dna kreatifitas pelajat sekota Bekasi. 

"Disdik juga menerbitkan majalah Swara Siswa yang diterbitkan dua kali dalam setahun. Namun tahun depan,kegiatan ini bakal diambil alih pihak provinsi Jawa Barat sesuai program Dikmen," katanya  (Aman aritonang)

No comments:

Post a Comment