MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Monday, October 31, 2016

Pratu Alex Bangkitkan Semangat Belajar Murid SD Di Perbatasan RI - Malaysia

Swaranasionalpos.com - Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI - Malaysia Yonif 312/KH yang berada dibawah kendali Komando Operasi Kodam XII/Tanjungpura dalam melaksanakan tugas pokoknya tidak terlepas dari program Binter, pembinaan teritorial merupakan tugas utama sejajar dengan pertempuran.

Salah satu yang menonjol dalam bidang Binter yang sudah diterapkan diseluruh jajaran Satgas Yonif 312/KH diantaranya adalah tenaga pendidik atau mengajar di sekolah - sekolah binaan di Kecamatan Senaning Kabupaten Sintang Kalimantan Barat.

Kondisi daerah perbatasan di Kalimantan Barat khususnya infrastruktur pendidikan masih sangat terbatas dan masih kurang guru. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Satgas Yonif 312/KH dalam pelaksanaan tugas operasi pengamanan perbatasan dengan menyiapkan tenaga pendidik untuk membantu mengajar di sekolah - sekolah yang masih kekurangan guru.

Salah satu anggota Satgas Pam Yonif 312/KH berkecimpung aktif membantu mengajar di sekolah yaitu Pratu Alex Gunawan Jabatan Tajurlis Simin Kima Yonif 312/KH.

Setiap hari Pratu Alex Gunawan berkecimpung didunia pendidikan selama kurun waktu sembilan bulan berjalan masa penugasan, ia membantu mengajar di SD 01 Senaning Kalimantan Barat dengan semangat pengabdian yang tinggi dan berjuang tanpa pamrih,  penuh keikhlasan tanpa mengharapkan imbalan itulah niat yang selalu tertanam.

Perjalanan yang cukup jauh tidak menjadi penghalang ditempuh dengan berjalan kaki mengingat keterbatasan sarana kendaraan Pratu Alex Gunawan membantu mengajar dengan mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Jasmani karena jumlah guru yang ada di sekolah tersebut masih kurang yang ada saat ini hanya berjumlah 7 orang.

Menurut pengalamannya selama mengajar dan berbaur dengan murid banyak suka dan duka serta haru atas keadaan yang ada. Banyak sarana dan prasarana yang belum memadai dan kondisi murid yang memprihatinkan, akan tetapi semangat dan disiplin diri yang dimilikinya,  Pratu Alex mampu membangkitkan semangat, antusias para muridnya dan tidak ditampiknya banyak murid yang mengatakan senang diajar sama Tentara.

Salah satu murid yang diajar Sinta (10) kelas IV SD dengan polosnya mengatakan, "Bapak Tentara ngajar lebih kreatif aku tidak menyangka ada Tentara yang bisa jadi guru dan aku kira Tentara tugasnya hanya untuk perang aja," ujarnya.

Dansatgas Yonif 312/KH Letkol Inf Yusuf Rizal mengatakan tenaga mengajar yang dimiliki Satgas Yonif 312/KH sudah disiapkan sebelum pelaksanaan pratugas dengan harapan mampu membantu dibidang pendidikan disamping melaksanakan tugas pokoknya.

"Dari beberapa pos yang tergelar disepanjang perbatasan Kalimantan Barat, hampir seluruhnya melaksanakan pengabdian sebagai guru di sekolah - sekolah binaan dan ada beberapa pos memang jauh dari perkampungan penduduk sehingga tidak bisa menyumbangkan kemampuannya untuk mengajar," pungkasnya. (Lucky/Pendam III/Siliwangi)

No comments:

Post a Comment