MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Monday, November 21, 2016

Baru Dikerjakan, Cor beton Jalan di Kampung Bumi Dipasena Agung Sudah Rusak



Foto: ilustrasi
Tulang Bawang, SNP - Perkerjaan pembangunan jalan dengan cor beton sepanjang 300 m lebar 50 cm, dikampung Bumi Dipasena Agung, kecamatan rawa jitu timur, kabupaten tulang bawang, yang sudah rusak, walaupun terbilang baru. Kerusakan diduga kuat karena kurangnya campuran adukan semen dan besi dan ketebalan coran yang terlalu kecil sehingga bangunan ini tidak ada kuat.

Hasil pantauan wartawan SNP dilapangan menemukan banyak kejanggalan dengan bangunan tersebut. Dimana dalam petunjuk teknis, seperti besi untuk pengecoran yang seharusnya menggunakan ukuran 12, tapi yang digunakan adalah ukuran 8. Sehingga berdampak terhadap kualitas pekerjaan.

Wilayah ini jauh dari Kabupaten dan susahnya akses jalan membuat delapan Kampung di Kecamatan Rawa Jitu Timur ini jarang diawasi dan terpantau oleh media. Situasi ini menjadi kesempatan bagi oknum Kepala Kampung mengerjakan proyek asal jadi. 

Selain ini, masarakat setempat banyak yang bingung dan tidak tau dengan adanya proyek yang didanai DD atau program lain didesa mereka karena kapala kampung kepada masarakat tidak transparan. 
Salah satu warga melontarkan komentarnya “Hampir semua proyek tidak dipasang papan informasi, membuat masyarakat atau awak media sulit untuk memantau pekerjaan tersebut". ungkapnya.

Tokoh masarakat Bumi Dipasena Agung, yang enggan namanya disebutkan, “kalau mengenai bangunan di kampung kami jelas banyak saya tidak tau apa-apa, itu bantuan atau bukan kerena kepala kampung kami tidak pernah diberi tau setiap adanya bantuan di kampung ini, tiba-tiba aja bangunan sudah ada dan tidak tau bantuan dari mana jumlah dananya berapa dan nama program nya apa, seperti bangunan yang dibuat sekarang ini saya gak tau bantuan apa, baru berapa bulan dibangun sudah rusak  banyak yang retak, Kawan-kawan saya di kampung sebelah pun pernah cerita kalau di tempat mereka sama seperti tempat saya banyak gak beres". Ujarnya.

Sementara, Kepala Kampung Bumi Dipasena Agung, Sukismo, saat dikonfirmasi SNP melalui telepon selulernya mengatakan "pekerjaan yang di danai Dana Desa (DD) di kampung saya ini, saya buat cor beton jalan dengan panjang 300m dan lebar 50cm, mengenai bangunan yang rusak itu bukan pekerjaan kami yang salah, tapi karena faktor alam sehingga bangunan tersebut tidak bisa bertahan, dan cepat rusak". Ujar Sukismo.

Permasalahan ini sudah disampaikan secara lisan oleh SNP kepada pihak BPMPK Kabupaten Tulang Bawang, terkait keadaan bangunan yang diduga ada penyimpangan. Namun sepetinya tidak ada tindak lanjut dari pihak Pemkab Tuba, dengan ini diminta kepada pihak penegak hukum Kabupaten Tulang Bawang untuk mengusut tuntas bantuan Dana Desa di Kecamatan Rawajitu Timur. *Buhori

No comments:

Post a Comment